Kompas.com - 19/06/2021, 17:45 WIB
Julian Assange. Julian Assange.

KOMPAS.com - Julian Assange yang lahir pada 3 Juli 1971 di Townsville, Queensland, Australia, adalah programmer yang mendirikan organisasi media bernama WikiLeaks.

Assange mempraktikkan apa yang disebut "jurnalisme ilmiah", yaitu jurnalisme yang menyediakan bahan sumber utama dengan komentar editorial minimal.

Melalui WikiLeaks, dirinya merilis ribuan dokumen internal atau rahasia dari berbagai entitas pemerintah dan perusahaan.

Baca juga: 6 Dokumen Rahasia Bocoran WikiLeaks yang Hebohkan Dunia

Keluarga Assange dikenal sering pindah ketika masih kecil. Dia dididik dengan kombinasi kursus homeschooling dan korespondensi.

Saat remaja, Assange menunjukkan bakat luar biasa dengan komputer. Dengan menggunakan julukan peretasan "Mendax", dia menyusup ke sejumlah sistem yang aman, termasuk NASA dan Pentagon.

Pada 1991, pihak berwenang Australia sempat mendakwanya dengan 31 tuduhan kejahatan dunia maya, di mana Assange mengaku bersalah dalam sejumlah besar tuduhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, saat menjatuhkan hukuman, dia hanya menerima denda kecil sebagai hukuman. Hakim memutuskan bahwa tindakannya adalah hasil dari keingintahuan masa muda semata.

Beberapa dekade berlalu. Assange kemudian belajar fisika di University of Melbourne, tapi mengundurkan diri sebelum mendapatkan gelar, lantas bekerja sebagai konsultan keamanan komputer.

Baca juga: Julian Assange, Tokoh Keterbukaan atau Musuh Negara?

Assange membuat WikiLeaks pada tahun 2006 yang berisi dokumen sensitif atau rahasia.

Publikasi pertamanya, diunggah ke situs web WikiLeaks pada Desember 2006. Berisi pesan dari seorang pemimpin pemberontak Somalia yang mendorong penggunaan orang-orang bersenjata sewaan untuk membunuh pejabat pemerintah.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X