Kompas.com - 18/06/2021, 08:01 WIB
Presiden Joe Biden mengenakan kacamata Aviators hitamnya menjelang akhir konferensi pers setelah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu, 16 Juni 2021, di Jenewa, Swiss. AP PHOTO/PATRICK SEMANSKYPresiden Joe Biden mengenakan kacamata Aviators hitamnya menjelang akhir konferensi pers setelah bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin, Rabu, 16 Juni 2021, di Jenewa, Swiss.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Jake Sullivan penasihat keamanan nasional Amerika Serikat (AS) pada Kamis (17/6/2021) mengatakan, Presiden Joe Biden siap bertemu Xi Jinping setelah China terlibat adu komentar sengit dengan G7 dan NATO.

Biden ia katakan, menunjukkan alternatif kepada China dengan memimpin G7 dalam inisiatif infrastruktur baru.

KTT NATO untuk pertama kalinya juga disebut berhasil menanggapi tantangan keamanan yang ditimbulkan oleh China dengan serius.

Baca juga: Sekjen NATO: Kita Harus Lawan Rezim Otoriter China dan Rusia

Dia pun mengungkit resolusi perseteruan penerbangan Uni Eropa dan AS yang sudah berlangsung lama, sebagai pesan bahwa negara-negara Barat bersatu melawan praktik predator China.

"Intinya adalah bahwa Joe Biden dengan percaya diri dan terampil mengenakan jubah pemimpin dunia bebas dalam perjalanan ini," kata Sullivan kepada wartawan dikutip dari AFP.

"Presiden sebelumnya menyerahkan mantel itu dan presiden sekarang dengan tegas mengklaimnya kembali," kata Sullivan merujuk pada Donald Trump yang sering bentrok dengan sekutu AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KTT meletakkan dasar untuk membuktikan kasus bahwa demokrasi dapat diberikan untuk rakyat mereka sendiri, dan untuk orang-orang di seluruh dunia," kata Sullivan.

Baca juga: Pakar: Biden dan Putin Tidak Akan Berteman meski Pertemuan Sangat Konstruktif

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X