Kompas.com - 18/06/2021, 06:11 WIB
Foto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara, nampak Pemimpin Kim Jong Un berpidato dalam pertemuan Partai Buruh Korea di Pyongyang, pada 15 Juni 2021. Kim memperingatkan adanya kemungkinan kekurangan pangan dan menyerukan supaya warga bersiap dengan perpanjangan aturan penanganan Covid-19. Korean Central News Agency/Korea News Service via APFoto yang disediakan oleh pemerintah Korea Utara, nampak Pemimpin Kim Jong Un berpidato dalam pertemuan Partai Buruh Korea di Pyongyang, pada 15 Juni 2021. Kim memperingatkan adanya kemungkinan kekurangan pangan dan menyerukan supaya warga bersiap dengan perpanjangan aturan penanganan Covid-19.

PYONGYANG, KOMPAS.com – Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan, negaranya perlu bersiap untuk berdialog maupun berkonfrontasi dengan Amerika Serikat (AS) di bawah pemerintahan Joe Biden.

Pernyataan tersebut dilontarkan Kim dalam rapat pleno komite pusat Partai Buruh pada Kamis (17/6/2021) dan diwartakan oleh media pemerintah Korea Utara, KCNA.

Dalam rapat tersebut, Kim sempat memamaparkan strateginya untuk berhubungan dengan Washington dan kecenderungan kebijakan pemerintah AS yang baru.

Baca juga: Penampilan Terbaru Kim Jong Un Lebih Kurus, Terserang Penyakit?

Kim menekankan agar Korea Utara perlu bersiap berdialog maupun berkonfrontasi dengan “Negeri Paman Sam” sebagaimana dilansir AFP.

“Terutama untuk sepenuhnya siap menghadapi konfrontasi untuk melindungi martabat negara kita dan menjamin lingkungan yang damai,” kata Kim sebagaimana diwartakan KCNA.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia juga menyerukan agar bawahannya segera bereaksi mengatasi situasi, serta berkonsentrasi untuk mengambil kendali yang stabil atas situasi di semenanjung Korea.

Baca juga: Kim Jong Un Buka Rapat Penting Partai Buruh, Apa Saja yang Dibahas?

Sebelumnya, Pyongyang menyebut Biden membuat kesalahan besar karena mengambil kebijakan yang bermusuhan dengan Korea Utara.

Pendahulu Biden, Donald Trump, sempat menjadi sorotan internasional setelah melakukan sejumlah pertemuan langsung dengan Kim.

Biden mengatakan, dia tidak akan mengulangi strategi Trump tersebut kecuali persyaratannya berubah secara drastis.

Baca juga: Kim Jong Un Akui Kondisi Pangan Korea Utara Sedang Menegangkan

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X