Kompas.com - 17/06/2021, 21:56 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Pemandangan para pemain tim nasional Italia yang berteriak saat menyanyikan lagu kebangsaan, menjadi fenomena unik di Euro 2020.

Para penggawa Gli Azzurri menyanyikan lagu Fratelli d'Italia dengan sangat bersemangat, terlihat menghayati setiap liriknya, dan melantunkannya dengan lantang.

Bahkan tak hanya di turnamen sepak bola, pemandangan serupa juga pernah tersaji di kejuaraan rugbi dunia, dan seremoni pembikaan Olimpiade Italia 2006.

Baca juga: Marko Arnautovic dan Arti Selebrasi OK yang Jadi Kontroversi

Lalu apa sebabnya orang Italia suka berteriak saat menyanyikan lagu kebangsaan?

Sejarah lagu kebangsaan Italia

Menurut penjelasan dari Explore Italian Culture, hampir semua orang Italia sangat menyukai lagu kebangsaan mereka dan selalu antusias saat menyanyikannya.

Lagu kebangsaan Italia sendiri memiliki tiga nama.

Secara resmi disebut Inno di Mameli (himne Mameli) sesuai nama penulisnya, lalu nama populisnya adalah Il Canti degli Italiani (lagu rakyat Italia), dan yang paling terkenal adalah Fratelli d'Italia (Saudara Italia) yang juga menjadi baris pertamanya.

Lagu kebangsaan Italia seperti kebanyakan negara lainnya, ditulis saat zaman perang dan merupakan panggilan patriotik untuk berperang.

Musiknya sangat menggugah semangat dengan alunan nada yang menghentak, dan instrumen yang sangat meriah.

Lagu ini ditulis pada 1847 saat pertempuran pertama penyatuan Italia atau Il Risorgimento istilahnya, dan diadopsi sebagai lagu kebangsaan pada 1946.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang
 
Pilihan Untukmu

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.