Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fakta Unik dan Bersejarah di Balik Ruang Pertemuan Biden dan Putin

Kompas.com - 17/06/2021, 08:15 WIB
Bernadette Aderi Puspaningrum

Penulis

Sumber Daily Mail

JENEWA, KOMPAS.com - Ruangan khusus disiapkan sebagai tempat Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (16/6/2021).

Rak buku kayu berat yang dilapisi dengan buku-buku tebal bersampul kulit, dihiasi guci bergaya Yunani di atasnya. Sementara gambar pemikir hebat ditempatkan di dekatnya.

Rak itu berisi buku-buku sejarah dan bahasa kuno berbagai negara termasuk Turki, Persia, Cina, Hungaria, dan Jerman.

Latar belakang itu merupakan bagian dari ruang Perpustakaan Villa de la Grange, sebuah mansion abad ke-18 di kota Jenewa, Swiss.

Tempat itu menjadi tuan rumah pembicaraan selama berjam-jam antara dua pemimpin negara adidaya, AS dan Rusia.

Baca juga: Biden dan Putin Akhirnya Bertemu, Saling Lempar Nada Positif

Di masa lalu, Villa yang sama telah menjadi tuan rumah bagi orang-orang seperti Paus Paulus VI.

Pemimpin Gereja Katolik Roma itu memberikan pidato tentang keadilan dan perdamaian kepada sekitar 70.000 orang di lapangan villa pada 1969.

Taman mawar berwarna-warni, bangunan dan pekarangannya menawarkan banyak kesempatan untuk berfoto dan mengobrol ringan.

Pengaturan yang tenang bisa menjadi “obat” untuk mengatur ulang hubungan yang Biden dan Putin gambarkan berada pada “titik terendah.”

“Optiknya bagus. Anda tidak akan dapat membayangkan mereka berdua bertemu seperti di sauna atau Burger King,” kata Matthew Rojansky, direktur Institut Kennan Wilson Center di Washington melansir Daily Mail.

Menurutnya, biasanya villa dilengkapi dengan pekarangan, lahan itu memberikan batas keamanan bagi kedua pemimpin.

Pemilihan villa itu sebagai tuan rumah pertemuan besar tahun ini juga karena pengadaan fasilitas ruang yang memadai. Jadi, staf yang siap membantu bisa ditempatkan di dekat ruang pertemuan.

Presiden Swiss Guy Parmelin, tengah, Presiden AS Joe Biden, kanan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, berpose untuk media di Villa La Grange untuk KTT AS-Rusia di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021. AP PHOTO/DENIS BALIBOUSE Presiden Swiss Guy Parmelin, tengah, Presiden AS Joe Biden, kanan, dan Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, berpose untuk media di Villa La Grange untuk KTT AS-Rusia di Jenewa, Swiss, Rabu, 16 Juni 2021.

Baca juga: Setelah Bertemu, Putin Akui Biden Orang yang Berpengalaman


Sebagai kota tuan rumah, otoritas Swiss menyediakan tempat netral. Mereka juga telah membawa senjata anti-pesawat, memasang kawat berduri, dan mengambil tindakan pencegahan lain di sekitar kota untuk KTT.

Jenewa sendiri pada 1985, merupakan kota yang menjadi tuan rumah pembicaraan pertama antara Presiden AS Ronald Reagan dan Mikhail Gorbachev, Pemimpin Uni Soviet saat itu.

Dalam pertemuan bersejarah itu kedua pemimpin menghasilkan perjanjian pengendalian senjata antara AS dan Rusia, dan memulai hubungan yang lebih baik.

Halaman:
Sumber Daily Mail

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com