Kompas.com - 16/06/2021, 17:22 WIB
apal selam nuklir milik AL Rusia Yuri Dolgoruky terlihat di perairan tak jauh dari kota Arkhangelsk. AP/Independentapal selam nuklir milik AL Rusia Yuri Dolgoruky terlihat di perairan tak jauh dari kota Arkhangelsk.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Angkatan Laut Rusia menggelar latihan militer berjarak 482 kilometer hingga 804 kilometer di sebelah barat Hawaii, Amerika Serikat (AS), pada Minggu (13/6/2021).

Hal itu mendorong Washington mengerahkan tiga jet tempur tiga F-22 untuk menanggapi pesawat pengebom jarak jauh dari Rusia sebagaimana dilansir Fox News.

Mengutip pejabat pertahanan AS, CBS News melaporkan bahwa pesawat pengebom Rusia tersebut tidak memasuki Zona Identifikasi Pertahanan Udara AS.

Baca juga: Jelang Bertatap Muka, Biden Puji Putin sebagai Musuh yang Layak

Media tersebut melaporkan, pejabat Rusia menyebut latihan itu sebagai latihan terbesar di Pasifik sejak Perang Dingin.

Armada Pasifik AS dan Kementerian Pertahanan tidak segera menanggapi pertanyaan email setelah jam kerja dari Fox News.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Latihan itu dilakukan sebelum Presiden AS Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin bertemu pada Rabu (16/6/2021) di Jenewa, Swiss.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, latihan itu melibatkan sekitar 20 unit yang terdiri atas kapal kombatan, kapal selam, dan kapal pendukung.

Baca juga: 3 Harapan Gedung Putih dari Pertemuan Biden dan Putin

TASS, kantor berita Rusia, melaporkan bahwa kapal-kapal dari Angkatan Laut Rusia telah melakukan manuver taktis di perairan.

Rusia menggelar latihan militernya mulai 10 Juni, melibatkan kapal penjelajah berpeluru kendali Varyag dan kapal anti-kapal selam Admiral Panteleev, lapor Reuters.

Reuters mewartakan, pesawat pengebom TU-142MZ juga ikut serta dalam latihan tersebut.

Star-Advertiser melaporkan, militer AS tampaknya tak mau mengomentari pengerahan F-22 dari Pangkalan Gabungan Pearl Harbor-Hickam.

Baca juga: Jelang Pertemuan Pertama Biden dan Putin Saat Hubungan AS-Rusia di Titik Terendah

Halaman:

Sumber Fox News
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X