Kompas.com - 14/06/2021, 11:41 WIB
Ilustrasi chip. REUTERS/Thomas WhiteIlustrasi chip.

TAIPEI, KOMPAS.com - Produksi chip di Taiwan, yang berkontribusi pada lebih dari setengah produksi chip dunia, dilaporkan terhambat karena krisis iklim, yang berujung kekurangan air.

Laporan panjang terbaru CNN menyebut, kalau produksi chip di Taiwan terhambat, pasti akan mempengaruhi pasokan chip global.

Bencana lingkungan sudah menjadi tantangan bagi pembuat chip di Taiwan, termasuk pemimpin industri chip, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSM).

Baca juga: Ramalan Suram soal Kelangkaan Chip dari Intel dan Logitech

TSMC memakai 156 ribu ton air per hari untuk memproduksi chip. Ini setara dengan sekitar 60 kolam renang ukuran Olimpiade.

Air dipakai membersihkan puluhan lapisan logam, untuk membuat semikonduktor.

"Dalam sebuah chip, ada banyak miliaran transistor, dan kita membutuhkan banyak lapisan logam untuk menghubungkan semua sinyal," kata Jefferey Chiu, insinyur listrik di Universitas Nasional Taiwan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami harus membersihkan permukaan lagi dan lagi setelah setiap proses selesai," tambahnya.

Baca juga: Bisnis Semikonduktor Raup Untung di Tengah Kelangkaan Chip

Tapi, pihak berwenang Taiwan sudah membatasi pasokan air keran di seluruh pulau sebagai upaya hadapi kekeringan.

TSMC pun mencoba mengatasi hal tersebut dengan mengangkut air dalam truk serta meningkatkan tingkat daur ulang. Hal ini membuat produksi chip sejauh ini tidak terpengaruh.

"Melalui langkah-langkah konservasi air yang ada, kami dapat mengelola persyaratan pengurangan penggunaan air dari pemerintah, tanpa berdampak pada operasi kami," jelas pihak TSMC.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber CNN
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X