Kompas.com - 13/06/2021, 08:22 WIB
Thousands of people march through the streets during a Multi-Faith March to End Hatred after four members of a Muslim family were killed on Sunday in what police called a hate crime, Friday, Jun 11, 2021 in London Ontario. (Geoff Robins/The Canadian Press via AP) AP PHOTO/GEOFF ROBINSThousands of people march through the streets during a Multi-Faith March to End Hatred after four members of a Muslim family were killed on Sunday in what police called a hate crime, Friday, Jun 11, 2021 in London Ontario. (Geoff Robins/The Canadian Press via AP)

LONDON, KOMPAS.com - Ribuan orang turun ke jalan pada Jumat (11/6/2021) untuk memberikan dukungan bagi keluarga Muslim Kanada, yang ditabrak dan dibunuh oleh seorang pria dengan truk pick-up pada Minggu lalu.

Keempat korban tewas dalam serangan yang digambarkan polisi sebagai kejahatan rasial.

Baca juga: Ribuan Pelayat Kenang Keluarga Muslim yang Tewas Ditabrak Truk, PM Kanada Hadir

Korban yang mencakup tiga generasi, tewas ketika Nathaniel Veltman (20 tahun), menabrak mereka saat sedang jalan-jalan sore di dekat rumah mereka.

Anggota keluarga kelima, seorang anak laki-laki berusia 9 tahun, selamat.

Ribuan orang di London, Ontario berjalan bersama membentuk barisan sekitar 7 kilometer (4,4 mil), dari tempat di mana keluarga itu ditabrak ke sebuah masjid terdekat. Situs itu dekat dengan tempat Veltman ditangkap oleh polisi.

Al Jazeera melaporkan pada Sabtu (12/6/2021), beberapa membawa plakat dengan pesan bertuliskan “Kebencian tidak punya tempat di sini,” “Cinta di atas kebencian.”

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Acara serupa diadakan di kota-kota lain di Ontario, provinsi terpadat di Kanada.

"Bagian terbaiknya bukan hanya jumlahnya ... tetapi keragaman orang-orang yang datang dari setiap komunitas di London, bersatu untuk tujuan ini," kata mahasiswa berusia 19 tahun Abdullah Al Jarad pada pawai tersebut.

Setelah mengheningkan cipta untuk menandai waktu tragedi itu, perwakilan dari beberapa agama memberikan pidato. Mereka mengecam aksi kebencian dan memberi hormat atas curahan dukungan bagi komunitas Muslim London yang berpenduduk 30.000 orang.

Dua wanita muda berjalan dengan membawa tanda-tanda ketika ribuan orang berbaris melalui jalan-jalan di London Ontario, Jumat (11/6/20210) dalam Pawai Multi-Iman untuk Mengakhiri Kebencian, setelah empat anggota keluarga Muslim terbunuh pada hari Minggu dalam apa yang disebut polisi sebagai kebencian kejahatan. AP PHOTO/GEOFF ROBINS Dua wanita muda berjalan dengan membawa tanda-tanda ketika ribuan orang berbaris melalui jalan-jalan di London Ontario, Jumat (11/6/20210) dalam Pawai Multi-Iman untuk Mengakhiri Kebencian, setelah empat anggota keluarga Muslim terbunuh pada hari Minggu dalam apa yang disebut polisi sebagai kebencian kejahatan.

Baca juga: Penabrak yang Tewaskan 4 Keluarga Muslim Kanada Tertawa saat Dikeluarkan dari Truk

Unjuk rasa lain atau peringatan duka di Kanada terjadi di Toronto, Ottawa, Montreal dan Quebec, di mana penembakan di sebuah masjid menewaskan enam orang pada 2017.

Halaman:

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X