Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keberadaan 3 Putri Sang Presiden Putin yang Dirahasiakan

Kompas.com - 12/06/2021, 14:23 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber The Sun

MOSKWA, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin berbeda dengan presiden dunia pada umumnya, ia tidak pernah mengungkapkan secara langsung kehidupan putri-putrinya. Meski banyak kabar beredar tentang keberadaan mereka. 

Melansir The Sun pada Senin (7/6/2021), Maria Vorontosa (36 tahun) sesorang ahli genetika, Katerina Tikhonova (34 tahun) seorang penari yang beralih profesi menjadi ahli matematika.

Dianggap sebagai "rahasia umum" masyarakat Rusia bahwa kedua wanita itu adalah putri Putin dari Lyudmila Shkrebneva. Meski tidak pernah ada konfirmasi resmi.

Keduanya lahir saat Putin masih menjabat sebagai mata-mata Dinas Intelijen Uni Soviet (KGB).

Baca juga: Jelang KTT AS-Rusia, Putin Berharap Biden Tidak Impulsif seperti Trump

Maria

Maria Vorontosa, yang diyakini sebagai putri Presiden Rusia Vladimir Putin. [Via The Sun]Via The Sun Maria Vorontosa, yang diyakini sebagai putri Presiden Rusia Vladimir Putin. [Via The Sun]

Maria dan Katerina baru-baru ini dikabarkan tampil di TV pemerintah di Forum Ekonomi Internasional St Petersburg tahunan, di mana ayah mereka menjadi pembicara utama.

Maria yang dilaporkan sebagai ahli dwarfisme, diwawancarai saluran Rossiya 24, tentang upaya Rusia untuk memerangi penyakit genetik langka pada anak-anak.

Maria dikabarkan menikah dengan seorang pengusaha Belanda dan memiliki anak, sehingga Putin telah menjadi seorang kakek.

Maria adalah peneliti terkemuka di Pusat Penelitian Medis Nasional untuk Endokrinologi Kementerian Kesehatan Rusia.

Di forum tersebut ia menghadiri panel tentang masa depan perawatan kesehatan.

Baca juga: Putin Bantah Rusia Kirim Satelit Canggih ke Iran

Katerina

Katerina Tikhonova, diyakini sebagai putri Vladimir Putin. [Via The Sun]Via The Sun Katerina Tikhonova, diyakini sebagai putri Vladimir Putin. [Via The Sun]

Katerina adalah wakil direktur Institut Penelitian Matematika Sistem Kompleks di Universitas Negeri Moskwa.

Ia adalah mantan penari ternama dan mantan istri dari miliarder termuda Rusia, Kirill Shamalov (39 tahun).

Dalam beberapa kesempatan Katerina tidak mengakui dirinya adalah putri Putin. Namun, kecurigaan muncul ketika diketahui nama pertamanya yang mengandung patronimik, yaitu Katerina Vladimirovna, yang artinya ayahnya adalah bernama Vladimir.

Dia menuntut investasi yang lebih besar untuk "teknologi terobosan". Ia juga dikenal sebagai tokoh kunci dalam Dana Innopraktika, yang bertujuan untuk monetisasi kemajuan ilmiah utama.

Halaman:
Sumber The Sun
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com