Kompas.com - 12/06/2021, 11:28 WIB
Presiden Rusia Vladimir Putin sedang mendengarkan selama pertemuan di Kremlin, di Moskow, Rusia, Kamis, 19 November 2020. AP/Alexei NikolskyPresiden Rusia Vladimir Putin sedang mendengarkan selama pertemuan di Kremlin, di Moskow, Rusia, Kamis, 19 November 2020.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Presiden Rusia Vladimir Putin mengaku hubungan antara Amerika Serikat (AS) dan Rusia mencapai titik terendah dalam beberapa tahun terakhir.

Pernyataan tersebut disampaikan Putin dalam sebuah wawancara dengan NBC News menjelang pertemuannya dengan Presiden AS Joe Biden pekan depan.

Putin dan Biden akan bertemu di Jenewa, Swiss, pada Rabu (16/6/2021).

Baca juga: Biden dan Putin Segera Tatap Muka di Tengah Krisis Hubungan AS-Rusia

Gedung Putih mengatakan, Biden akan membahas serangan siber dari Rusia, agresi Moskwa terhadap Ukraina, pemenjaraan tokoh oposisi, dan masalah lain.

"Kami memiliki hubungan bilateral yang memburuk ke titik terendah dalam beberapa tahun terakhir," kata Putin kepada NBC News.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Putin memuji mantan Presiden AS Donald Trump sebagai individu yang luar biasa dan individu yang berbakat.

Di sisi lain, Putin menyebut Biden sebagai politisi karir dan sangat berbeda dengan Trump sebagaimana dilansir Reuters.

Baca juga: Jelang Pertemuan Biden dan Putin, Ini Riwayat Perseteruan Mereka

Ketika ditanya mengenai Biden yang menyebutnya sebagai pembunuh dalam sebuah wawancara pada Maret, Putin mengatakan dia telah mendengar lusinan tuduhan semacam itu.

"Ini sama sekali bukan sesuatu yang saya khawatirkan," kata Putin.

Sebelumnya, ketika memulai kunjungannya ke Eropa, Biden menyatakan bahwa pihaknya tidak ingin mencari konflik dengan Rusia.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X