Heboh BTS Meal, Kenapa BTS Sangat Digilai Penggemarnya hingga Mendunia

Kompas.com - 10/06/2021, 06:15 WIB
BTS ketika membintangi iklan BTS Meal. TANGKAP LAYAR YOUTUBE MCDONALDSBTS ketika membintangi iklan BTS Meal.

KOMPAS.com - Gerai McD di tanah air mendadak diserbu penggemar K-pop atau Ojol “Army” yang berburu paket ekslusif dari idola pelanggannya bertajuk, BTS Meal pada Rabu (9/6/2021).

Kerumunan yang ditimbulkan di tengah pandemi Covid-19, mengharuskan aparat bertindak tegas. Sejumlah gerai ayam cepat saji itu diminta segera berhenti beroperasi, hingga dijatuhi sanksi.

Baca juga: Kim Jong Un Makin Benci Budaya Asing, Nonton K-Pop Bisa Dihukum Mati

Pihak McD pun sampai harus mengeluarkan pernyataan, isinya meminta para “BTS ARMY” (panggilan untuk penggemar BTS) untuk “mengendalikan diri,” karena paket ekslusif ini akan hadir dalam sebulan ke depan.

Tidak hanya di Indonesia, kehebohan BTS ARMY akan paket makanan istimewa dengan label boyband Korea Selatan terpopuler saat ini juga terjadi di luar negeri.

USS feeds dalam unggahannya minggu lalu melaporkan aksi BTS ARMY Malaysia yang mencoba “mendaur ulang” kemasan dari bungkus paket BTS Meal.

Dari gambar yang dilaporkan terlihat bungkus paket BTS meal McD yang digantung di tiang jemuran seolah habis dicuci.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Nielsen Music melaporkan, alat “ekspor” musik terbesar Korea Selatan adalah raksasa media sosial. Itu juga yang mendorong capaian BTS di Billboard saat ini bahkan di atas Justin Bieber, Lil Nas X dan Billie Eilish.

Kompas.com mengumpulkan sejumlah ulasan internasional yang coba meneliti, alasan lain kenapa BTS sangat popular di dunia, hingga menciptakan fenomena Army mendunia.

Baca juga: China Sensor Adegan Lady Gaga, Justin Bieber, dan BTS di Film Friends

1) Tangan dingin CEO Bang

Popularitas BTS menanjak seiring dengan pertumbuhan industri K-Pop di tingkat global. Di luar Korea Selatan, pasar lain dari industri hiburan “Negeri Gingseng” awalnya adalah Jepang.

Industri ini mulai mendapatkan daya tarik di AS pada akhir 1990-an dan 2000-an. Artis terpopuler antara lain seperti Big Bang dan, kemudian, Psy (“Gangnam Style”) .

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X