Kompas.com - 07/06/2021, 12:31 WIB
Pemimpin kelompok teroris Boko Haram, Abubakar Shekau AFP PHOTOPemimpin kelompok teroris Boko Haram, Abubakar Shekau

KOMPAS.com – Boko Haram merupakan kelompok teroris yang yang berbasis di wilayah timur laut Nigeria. Kelompok ini didirikan oleh Muhammad Yusuf pada 2002.

Sejak 2009, kelompok teroris ini telah melakukan pembunuhan dan aksi kekerasan berskala besar di negara tersebut.

Niat awal berdirinya kelompok adalah untuk menghapuskan korupsi dan ketidakadilan di Nigeria sebagaimana dilansir Britannica.

Baca juga: Pemimpin Boko Haram Tewas Bunuh Diri Saat Perang

Boko Haram menuding, kondisi yang terjadi di Nigeria disebabkan akibat pengaruh Barat. Kelompok ini lantas memaksakan syariat versi mereka sendiri.

Pada 2009, Yusuf dan beberapa anggota Boko Haram terbunuh oleh pasukan keamanan. Tampuk kepemimpinan kelompok ini lantas diambil alih Abubakar Shekau pada 2010.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada 2015 kelompok ini berjanji setia kepada ISIS dan mengubah namanya menjadi Negara Islam di Afrika Barat (ISWA).

Tahun berikutnya kelompok itu terpecah dengan satu faksi mempertahankan nama ISWA dan faksi lainnya yang mempertahankan nama aslinya.

Baca juga: Menghindar dari ISIS, Pemimpin Boko Haram Bunuh Diri Ledakkan Rompi Bom

Aktivitas awal

Tentara Nigeria melakukan patroli di jalanan kota minyak Banki di wilayah timur laut negeri itu yang hancur akibat pertempuran melawan Boko Haram.FLORIAN PLAUCHEUR / AFP Tentara Nigeria melakukan patroli di jalanan kota minyak Banki di wilayah timur laut negeri itu yang hancur akibat pertempuran melawan Boko Haram.

Boko Haram mendapat sorotan luas pada Juli 2009 ketika anggota kelompok tersebut diduga menjadi sasaran penggunaan kekuatan yang berlebihan oleh polisi.

Karena tak mendapatkan penyelidikan resmi atas masalah tersebut, Boko Haram lantas melancarkan serangan terhadap pos polisi serta membunuh puluhan polisi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X