Ahli Mikrobiologi AS Bantu Patahkan Klaim Asal-usul Covid-19 dari Laboratorium Wuhan

Kompas.com - 05/06/2021, 16:13 WIB
Petugas keamanan berjaga di luar Institut Virologi Wuhan di Wuhan, ketika anggota tim WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 melakukan kunjungan ke institut di Wuhan di provinsi Hubei tengah China pada 3 Februari 2021. AFP PHOTO/HECTOR RETAMALPetugas keamanan berjaga di luar Institut Virologi Wuhan di Wuhan, ketika anggota tim WHO yang menyelidiki asal-usul Covid-19 melakukan kunjungan ke institut di Wuhan di provinsi Hubei tengah China pada 3 Februari 2021.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Seorang ahli mikrobiologi membantu mematahkan klaim tentang Covid-19 bocor dari laboratorium Wuhan dan menekankan bahwa virus muncul secara alami.

Peter Palese adalah ahli mikrobiologi yang bekerja di Icahn School of Medicine di Mount Sinai, New York, AS. Ia adalah salah satu dari 27 ilmuwan yang menandatangani pernyataan tentang bantahan terhadap informasi Covid-19 bocor dari laboratorium Wuhan, pada Februeri 2020.

"Kami berdiri bersama untuk mengutuk keras teori konspirasi yang menunjukkan bahwa Covid-19 tidak memiliki asal usul alami," demikian bunyi pernyataan itu yang artinya, mematahkan klaim Covid-19 asalnya dari kebocoran laboratorium Wuhan.

Baca juga: China Menduga Tuduhan AS Soal Asal-usul Covid-19 dari Lab Wuhan Serupa Klaimnya terhadap Irak

Pernyataan 27 ilmuwan itu diterbitkan di The Lancet, jurnal medis Inggris yang bergengsi.

Pandangan itu kemudian menjadi informasi resmi Covid-19 untuk semua outlet media mainstream dan platform media sosial, yang menyensor perbedaan pendapat asal-usul Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, belakangan masalah asal-usul Covid-19 mencuat kembali dengan mencurigai adanya kebocoran laboratorium Wuhan. Mengaitkan staf lab yang sakit dengan gejala mirip Covid-19 pada musim gugur 2019.

Palese mengingatkan bahwa itu adalah "konfirmasi yang terbantahkan", seperti yang dilansir dari Russian Today pada Sabtu (5/6/2021).

"Saya yakin bahwa penyelidikan menyeluruh tentang asal-usul Covid-19 diperlukan," ujar Palese (77 tahun) kepada Daily Mail pada Jumat (4/6/2021).

Baca juga: China Tuding AS Main Politik dengan Luncurkan Penyelidikan Baru Asal-usul Covid-19

"Banyak informasi yang mengganggu muncul kepermukaan setelah surat pernyataan Lancet saya tandatangani, jadi saya ingin memberi jawaban untuk semua pertanyaan," katanya.

Palese mengatakan bahwa para ilmuwan yang menganalisis genom virus "menyimpulkan" bahwa Covid-19 pasti berasal dari satwa liar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.