Kompas.com - 03/06/2021, 18:56 WIB
Militan dengan penutup wajah dari Brigade Izzedine al-Qassam, sayap militer Hamas, berbaris di sepanjang jalan kamp pengungsi Nusseirat, Jalur Gaza tengah, Jumat, 28 Mei 2021. AP PHOTO/ADEL HANAMilitan dengan penutup wajah dari Brigade Izzedine al-Qassam, sayap militer Hamas, berbaris di sepanjang jalan kamp pengungsi Nusseirat, Jalur Gaza tengah, Jumat, 28 Mei 2021.

GAZA, KOMPAS.com - Hamas menyatakan mencatat peningkatan kiriman dana berupa bitcoin, sejak bentrokan kekerasan dengan Israel pecah pada Mei.

Informasi itu disampaikan seorang pejabat senior kelompok militan Palestina di Jalur Gaza tersebut kepada Wall Street Journal (WSJ) pada Rabu (2/6/2021).

Baca juga: Israel Tangkap Pemimpin Hamas di Tepi Barat

Eskalasi konflik Israel-Hamas dimulai pada 7 Mei, ketika polisi Israel menyerbu situs suci Masjid al-Aqsa selama periode Ramadhan dan melukai lebih dari 200 orang.

Kelompok militan Palestina membalas dengan menembakkan roket ke Israel dari Gaza. Setelah itu Israel membalas dengan serangan udaranya sendiri ke Jalur Gaza.

Kedua belah pihak akhirnya menyetujui gencatan senjata pada 20 Mei, setelah perang 11 hari paling berdarah dalam tujuh tahun terjadi di wilayah itu.

Kacaunya situasi akibat perang menarik perhatian internasional secara luas pada konflik Israel-Hamas tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya itu, minat ke situs web yang dijalankan oleh sayap bersenjata kelompok itu, Brigade Izz ad-Din al-Qassam, dilaporkan juga mengalami lonjakan menurut WSJ.

Tingginya perhatian atas konflik itu diduga mendorong peningkatan donasi untuk memfasilitasi operasinya.

"Pasti ada lonjakan" dalam donasi bitcoin, pejabat Hamas mengatakan kepada WSJ.

"Sebagian dari uang itu digunakan untuk tujuan militer, untuk membela hak-hak dasar rakyat Palestina," klaimnya.

Baca juga: Pemimpin Hamas Akhirnya Akui Puluhan Militan Tewas dalam Perang 11 Hari dengan Israel

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X