China: 16 Pesawat Militer yang Terbang di Malaysia Hanya Latihan Rutin

Kompas.com - 03/06/2021, 07:17 WIB
Foto dari Angkatan Udara Malaysia pada Senin (31/5/2021) yang dirilis 1 Juni 2021, memperlihatkan pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) Ilyushin Il-76, yang menurut otoritas Malaysia terbang di atas wilayah udara mereka. Sebanyak 16 pesawat itu dikatakan terbang di atas zona maritim dekat lepas pantai negara bagian Sarawak, pulau Kalimantan. ANGKATAN UDARA MALAYSIA via APFoto dari Angkatan Udara Malaysia pada Senin (31/5/2021) yang dirilis 1 Juni 2021, memperlihatkan pesawat Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAAF) Ilyushin Il-76, yang menurut otoritas Malaysia terbang di atas wilayah udara mereka. Sebanyak 16 pesawat itu dikatakan terbang di atas zona maritim dekat lepas pantai negara bagian Sarawak, pulau Kalimantan.

BEIJING, KOMPAS.com - China pada Rabu (2/6/2021) mengatakan, 16 pesawat militer yang terbang di lepas pantai Malaysia adalah latihan rutin.

Klaim China dilontarkan setelah Malaysia menuduh Beijing melanggar kedaulatan mereka, karena menerbangkan pesawat di atas perairan yang diperebutkan.

Pada Senin (31/5/2021) Malaysia mengerahkan jet tempurnya untuk mencegat pesawat angkut AU China, yang terbang di lepas pantai Kalimantan atas Laut China Selatan.

Baca juga: Jet Tempur Malaysia Cegat 16 Pesawat Militer China di Lepas Pantai Kalimantan

Baik "Negeri Jiran" maupun "Negeri Panda" saling mengklaim wilayah perairan yang disengketakan tersebut.

Menteri Luar Negeri Malaysia kemudian mengkritik peristiwa itu sebagai gangguan, dan berkata akan mengajukan protes ke Beijing serta memanggil Duta Besar China.

Akan tetapi juru bicara Kedutaan Besar China di Kuala Lumpur mengatakan, "Kegiatan tersebut adalah latihan penerbangan rutin Angkatan Udara China dan tidak menargetkan negara mana pun."

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Menurut hukum internasional yang relevan, pesawat militer China bebas terbang di wilayah udara yang sesuai," terangnya dikutip dari AFP.

Baca juga: 16 Pesawat China Masuk Wilayahnya, Malaysia Bakal Ajukan Protes

Ia mengklaim, pesawat-pesawat itu belum memasuki wilayah udara negara lain.

Seperti diberitakan sebelumnya, 16 pesawat militer China datang dalam jarak 110 kilometer dari bagian Kalimantan Malaysia, dan tidak merespons panggilan kepada mereka.

Malaysia lalu mengerahkan jet tempurnya untuk mencegatnya, dan 16 pesawat itu berbalik sebelum memasuki wilayah udara Malaysia.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.