Oposisi Israel Ancam Kekuasaannya, Begini Peringatan PM Netanyahu

Kompas.com - 31/05/2021, 17:59 WIB
Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat kabinet khusus pada kesempatan Hari Yerusalem, di Yerusalem, Minggu, 9 Mei 2021. AP PHOTO/AMIT SHABIPerdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menghadiri rapat kabinet khusus pada kesempatan Hari Yerusalem, di Yerusalem, Minggu, 9 Mei 2021.

TEL AVIV, KOMPAS.com - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu memberikan peringatan setelah kekuasaannya terancam diakhiri oposisi.

Partai Yamina yang dipimpin eks sekutu Netanyahu, Naftali Bennett, mengumumkan bakal membentuk pemerintahan dengan partai tengah.

Dia diberi waktu hingga Rabu (2/6/2021) untuk mendirikan koalisi. Jika berhasil, kekuasaan Netanyahu selama 12 tahun terakhir akan berakhir.

Baca juga: PM Israel Klaim Mereka Berhasil Membuat Hamas Mundur Bertahun-tahun di Gaza

Dalam pernyataannya, PM Israel yang akrab dipanggil Bibi itu memperingatkan penyatuan oposisi akan mengancam keamanan negara.

"Jangan membentuk pemerintahan sayap kiri, akan mengancam keamanan dan masa depan Israel," ujar Bibi pada Minggu (30/5/2021).

Dia menuding Yair Lapid, pemimpin oposisi dari kelompok tengah bakal membahayakan dan melemahkan kabinet pemerintahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Dampak apa yang yang akan didapatkan Israel dalam hal pertahanan? Bagaimana cara kita menangani musuh kita? Apa yang akan mereka katakan ke Iran dan Gaza?" klaimnya.

Dilansir BBC Senin (31/5/2021), Netanyahu menuding Benjamin sudah menyesatkan publik dan melakukan "penipuan dalam 100 tahun terakhir".

Bibi merujuk kepada ucapan Bennett yang sebelumnya mengeklaim tidak akan menyatukan diri dengan Lapid.

Baca juga: Israel Segera Punya Koalisi Pemerintahan Baru, Akhir Era Benjamin Netanyahu?

Benjamin, mantan menteri pertahanan dan urusan diaspora menyatakan akan berbicara dengan Lapid untuk mencoba membentuk koalisi.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.