Mengapa Musisi Hip Hop Selalu Tampil Gemerlap dan "Bling-bling"

Kompas.com - 26/05/2021, 11:46 WIB
Rapper asal Amerika Serikat Eminem Instagram/EminemRapper asal Amerika Serikat Eminem

KOMPAS.com - Musik dan fashion selalu berjalan beriringan. Tak bisa dipisahkan. Begitu pula musik hip hop dan outfit yang menyertainya. Membentuk ciri khas dan identitas tersendiri yang tak akan dijumpai di musik lainnya.

Inilah yang kemudian menjadikan hip hop tak hanya menjadi sekadar musik, tapi juga lifestyle sampai subkultur tersendiri. Outfit yang menyertainya pun banyak digemari dan populer di seluruh dunia.

Sebenarnya, hip hop punya tren mode yang berbeda-beda di setiap era. Meski ada satu benang merah yang bisa dijumpai, yakni barang-barang branded yang dipakai sang artis, baik di panggung maupun video clip.

Baca juga: Sejarah Musik Hip Hop, Lahir di Pesta, Terinspirasi DJ Jamaika

Di awal kemunculannya di kisaran tahun 1970-an, hip hop sudah menjadikan "bling-bling" sebagai ciri khasnya. Pemakaian aksesoris besar nan mencolok, dengan setelan rapi layaknya mafia jalanan, banyak dipakai di era ini.

Awalnya, style ini bertujuan sebagai bentuk protes sosial. Kesenjangan ekonomi dan masyarakat yang tinggi membuat outfit ini dipakai sebagai bentuk sarkasme.

Kadang dipadukan pula dengan topi dan jaket bomber. Membuat identitas para penggemar hip hop waktu itu mudah dikenali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di kisaran tahun 1980an, mode hip hop semakin berkembang. Pemakaian tracksuit yang sering dipakai breakdance, mulai jadi acuan fashion hip-hop. Brand besar seperti Louis Vuitton dan Gucci, jadi langganan anak hip hop di era ini.

Tren semakin meluas di kisaran tahun 1990an. Muncul celana jeans dengan model cutting uptown ditambah pemakaian topi snapback. Era rapper semakin menggila. Para dancer mulai muncul di pesta-pesta. Hip hop sedang mengalami masa gempitanya.

Memasuki awal millenium baru, kisaran tahun 2000an, brand-brand mahal dunia mulai berani memasuki dunia hip hop, menjadikan para artisnya sebagai brand ambassador.

Mulai dari sneaker sampai busana, brand-brand besar seperti Louis Vuitton terang-terangan mendukung banyak artis. Bintang hip-hop seperti Kanye West sampai Pharrel Williams didukung habis-habisan.

Bahkan, Pharrel dan brand asal Perancis ini sempat merilis kalung berbentuk rantai yang berharga cukup mahal.

Tren terus berkembang. Dunia hip hop semakin menarik. Style fashion hip hop di masa kini makin mudah dijumpai. Beberapa merek seperti Nike, Air Jordan, sampai Converse, punya outfit hip hop masing-masing.

Sampai sekarang, brand-brand ini mendukung banyak bintang seperti Wiz Khalifa, Eminem, sampai Jay Z. Menjadikan hip hop tak hanya sekadar musik, tapi juga tren fashion yang tak akan habis digali.

Baca juga: 5 Genre Musik Populer yang Dipelopori Orang Kulit Hitam


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.