Duta Besar RI di Panama City Kunjungi 16 ABK WNI yang Sering Keluhkan Gaji Telat Bayar

Kompas.com - 22/05/2021, 17:17 WIB
Duta Besar di Panama City yang mengunjungi 16 ABK WNI yang mengeluhkan kondisi kerja. [Dok. KBRI Panama City] Dok. KBRI Panama CityDuta Besar di Panama City yang mengunjungi 16 ABK WNI yang mengeluhkan kondisi kerja. [Dok. KBRI Panama City]

PANAMA CITY, KOMPAS.com - Duta Besar RI di Panama City, Sukmo Harsono mengunjungi 16 ABK WNI yang bekerja di kapal penangkap ikan Chung Kuo 818 dan Mega 711, milik perusahaan Gilontas Ocean Panama (Taiwan), di Pelabuhan Vacamonte, Panama.

Sukmo didampingi oleh Counsellor Protkons dan Pelindungan WNI, Rheinhard Sinaga dalam kunjungannya pada Jumat (21/5/2021). 

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari inspeksi yang telah dilakukan sebelumnya pada 28 April 2021 terhadap kapal milik Spanyol, untuk memastikan kondisi WNI dan sekaligus mendengar masukan dari para ABK WNI di kapal-kapal penangkap ikan di
wilayah kerja KBRI Panama City.

Baca juga: KBRI Roma Jalankan Kegiatan Idul Fitri dengan Prokes Ketat

“Sebagai Duta Besar, kunjungan ini dilakukan sejalan dengan kebijakan yang telah digariskan
oleh Presiden RI, Joko Widodo, untuk memberikan perhatian kepada WNI dan memastikan kehadiran negara dalam pelindungan WNI”, jelas Sukmo dalam rilis KBRI Panama City, pada Sabtu (22/5/2021). 

Berbeda dengan kunjungan ke Kapal Spanyol sebelumnya, dalam kunjungan kali ini pihak
Gilontas tidak mengizinkan Duta Besar dan Counsellor Protkons memeriksa kondisi kapal,
fasilitas, dan akomodasi para ABK WNI dengan alasan Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

KBRI Panama City sering menerima keluhan dari ABK WNI yang bekerja di kapal-kapal milik Gilontas Taiwan terkait gaji yang telat bayar, logistik yang kurang memadai, akomodasi yang kurang baik, dan fasilitas lain yang kurang mendapat perhatian.

Baca juga: KBRI Moskwa Gelar Final Permira Saat Hari Pendidikan Nasional

“Saya merasa kurang puas karena tidak diizinkan masuk ke dalam kapal untuk melakukan
pemantauan langsung fasilitas dalam kapal, namun saya coba mengerti kalau ini dikaitkan
dengan alasan Covid-19," ujar Sukmo.

"Pada kenyataannya, kapal-kapal Gilontas Taiwan ini tergolong banyak memperkerjakan ABK WNI dan memang sering mendapatkan keluhan dibanding dengan kapal-kapal negara lain, katakanlah kapal Spanyol yang hampir tidak pernah mendapatkan keluhan,” lanjutnya.

Dalam kunjungan Duta Besar tersebut, General Manager dan dua staf Gilontas Ocean Panama, yang merupakan perwakilan Gilontas Taiwan di Panama, juga ikut mendampingi rombongan Duta Besar di Vacamonte.

Pada kesempatan tersebut Duta Besar juga menyampaikan himbauan kepada pihak perusahaan agar memperhatikan kondisi ABK WNI.

Halaman:

Video Pilihan

Sumber Rilis
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.