Rusia Berduka atas Korban Penembakan di Sekolah Kazan

Kompas.com - 13/05/2021, 12:28 WIB
Warga kota Kazan meletakkan bunga di dekat sekolah setelah penembakan pada Selasa di Kazan, Rusia, Rabu (12/5/2021). AP PHOTO/DMITRI LOVETSKYWarga kota Kazan meletakkan bunga di dekat sekolah setelah penembakan pada Selasa di Kazan, Rusia, Rabu (12/5/2021).

MOSKWA, KOMPAS.com - Para pelayat berkumpul pada Rabu (12/5/2021) untuk pemakaman siswa dan staf yang dibunuh oleh seorang remaja pria bersenjata di sebuah sekolah Rusia.

Tragedi yang terjadi pada Selasa (11/5/2021) itu menewaskan tujuh siswa dan dua staf di sekolah di pusat kota Kazan.

Di antara korban adalah Elvira Ignatieva, seorang guru bahasa Inggris berusia 26 tahun. Dia dilaporkan meninggal saat melindungi murid-muridnya dari pria bersenjata itu.

Baca juga: 7 Anak Tewas dalam Penembakan Sekolah Rusia, Tersangka Seorang Pemuda

Kejadian ini memicu seruan untuk kontrol yang lebih ketat pada senjata dan internet di “Negara Beruang Putih.”

Presiden Rusia Vladimir Putin meminta anggota parlemen memperkuat undang-undang pengendalian senjata, dan pejabat senior lainnya menuntut regulasi yang lebih ketat dari internet.

Bendera setengah tiang dikibarkan di seluruh Kazan, di kota mayoritas Muslim, ibu kota Republik Tatarstan Rusia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Anggota keluarga yang mengenakan pakaian hitam, bersama dengan siswa meletakkan bunga dan membaca Al Quran di kuburannya selama upacara pemakaman.

"Keponakan saya seperti bintang yang bersinar: dia lepas landas, menyala dan menghilang," kata bibinya yang menangis dan mengenakan syal hitam, Anna Ignatieva (62 tahun) kepada AFP.

Kronologi kejadian

Pria bersenjata berusia 19 tahun itu melepaskan tembakan pada Selasa (11/5/2021) di Sekolah No. 175 di Kazan. Dia dipersenjatai dengan senapan dan setidaknya satu alat peledak rakitan.

Dia diidentifikasi sebagai Ilnaz Galyaviev, mantan siswa di sekolah tersebut.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X