Israel Kerahkan 5.000 Tentara Cadangan di Tengah Konflik dengan Militan Gaza

Kompas.com - 12/05/2021, 15:21 WIB
Asap mengepul setelah serangan udara Israel di Kota Gaza di tengah memuncaknya konflik Israel dan Palestina pada Rabu, 12 Mei 2021. Khalil HamraAsap mengepul setelah serangan udara Israel di Kota Gaza di tengah memuncaknya konflik Israel dan Palestina pada Rabu, 12 Mei 2021.

YERUSALEM, KOMPAS.com - Israel menyatakan akan meningkatkan kampanye melawan militan di Gaza, setelah mengirimkan serangan udara ke wilayah itu pada Selasa pagi (11/5/2021).

Associated Press melaporkan militer Israel akan mengirim bala bantuan pasukan ke perbatasan Gaza di tengah meningkatnya kekerasan di kawasan itu.

Menteri pertahanan Israel sudah memerintahkan sekitar 5.000 tentara cadangan disiapkan.

Baca juga: 35 Tewas dalam Serangan Udara Israel, Gaza Terancam Dilanda Perang

Sementara itu, para pejabat dalam sebuah pernyataan menyatakan Mesir sedang mencoba merundingkan gencatan senjata.

Serangan udara terjadi setelah bentrokan berjam-jam antara pasukan keamanan Palestina dan Israel, termasuk pertempuran di kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem, sebuah situs suci bagi orang Yahudi dan Muslim.

Newsweek mewartakan pada Selasa (11/5/2021), Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kelompok militan Hamas sekarang akan "menerima serangan yang tidak diharapkannya."

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serangan udara Israel menghantam sepasang bangunan bertingkat tinggi yang diyakini menampung militan, ketika Hamas dan kelompok bersenjata lainnya membombardir Israel selatan dengan ratusan roket.

Eskalasi ini dipicu oleh ketegangan berminggu-minggu di tanah Yerusalem yang menjadi rebutan.

Sejak matahari terbenam Senin (10/5/2021), 26 warga Palestina - termasuk sembilan anak-anak dan seorang wanita, tewas di Gaza.

“Sebagian besar merupakan korban dari serangan udara,” kata pejabat kesehatan Gaza.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X