Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/05/2021, 12:46 WIB
Shintaloka Pradita Sicca

Penulis

Sumber BBC

NEW DELHI, KOMPAS.com - Infeksi "jamur hitam" yang langka ditemukan membusuk di anggota tubuh pasien Covid-19 dan meningkatkan angka kematian di Delhi, India.

Dokter mengatakan pasien yang tertular infeksi jamur hitam hanya memiliki tingkat kelangsungan hidup 50 persen, seperti yang dilansir dari BBC pada Minggu (9/5/2021).

Infeksi jamur hitam dikenal juga dengan nama mukormikosis. Dr Akshay Nair, seorang ahli bedah mata yang berbasis di Mumbai mengatakan infeksi ini termasuk langka.

Infeksi tersebut disebabkan oleh paparan jamur mukosa yang banyak ditemukan di tanah, tanaman, pupuk kandang, serta buah dan sayuran yang membusuk.

Baca juga: Macron Serukan AS untuk Cabut Pembatasan Ekspor Vaksin Covid-19

"Ini ada di mana-mana dan ditemukan di tanah dan udara dan bahkan di hidung dan lendir orang sehat," kata Dr Nair.

Penyakit ini mempengaruhi sinus, otak hingga paru-paru, yang dapat mengancam jiwa khususnya penderita diabetes atau orang dengan gangguan kekebalan yang parah, seperti pasien kanker atau orang dengan HIV/AIDS.

Ia menduga munculnya infeksi jamur hitam pada pasien Covid-19 itu dipicu oleh penggunaan steroid, pengobatan yang menyelamatkan jiwa untuk pasien tersebut yang tergolong parah dan kritis.

Mengutip BBC, steroid mengurangi peradangan di paru-paru untuk Covid-19 dan tampaknya membantu menghentikan beberapa kerusakan yang dapat terjadi, ketika sistem kekebalan tubuh bekerja terlalu keras untuk melawan virus corona.

Namun, steroid ternyata juga mengurangi kekebalan dan meningkatkan kadar gula darah pada penderita diabetes serta pasien Covid-19 non-diabetes.

"Diabetes menurunkan pertahanan kekebalan tubuh, memperburuk virus corona, dan kemudian steroid yang membantu melawan Covid-19 bertindak seperti bahan bakar ke api," kata Dr Nair.

Baca juga: Kota Kecil di Brasil Sukses Turunkan Kasus Covid-19 dengan 95 Persen Vaksinasi

Dr Nair, yang bekerja di 3 rumah sakit di Mumbai, salah satu kota yang paling parah terkena gelombang kedua, mengatakan dia telah melihat sekitar 40 pasien yang menderita infeksi jamur hitam pada April.

Banyak dari mereka adalah penderita diabetes yang sembuh dari Covid-19 di rumah. Sebelas dari mereka harus menjalani operasi pengangkatan mata.

Antara Desember dan Februari, 6 rekannya di 5 kota, Mumbai, Bangalore, Hyderabad, Delhi dan Pune, melaporkan 58 kasus infeksi.

Sebagian besar pasien tertular antara 12 hingga 15 hari setelah pemulihan dari Covid-19.

Rumah Sakit Sion Mumbai yang sibuk telah melaporkan 24 kasus infeksi jamur hitam dalam 2 bulan terakhir, naik dari 6 kasus setahun, menurut Dr Renuka Bradoo, kepala bagian telinga, hidung dan tenggorokan rumah sakit.

Halaman:
Sumber BBC
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com