Kompas.com - 06/05/2021, 18:31 WIB
Pemandangan Kota Kairo, Mesir ShutterstockPemandangan Kota Kairo, Mesir

KAIRO, KOMPAS.com – Mesir mengumumkan serangkaian pembatasan sosial untuk mengekang penyebaran Covid-19, salah satunya larangan perayaan Idul Fitri secara massal.

Pembatasan tersebut diumumkan Perdana Menteri Mesir Mostafa Madbouly pada Rabu (5/5/20201) sebagaimana dilansir The National.

Pembatasan tersebut mulai berlaku pada Kamis (6/5/2021) dan akan berakhir pada 21 Mei.

Baca juga: Militer Mesir Borong 30 Unit Jet Rafale dari Perancis untuk Keamanan Nasional

Mesir memperkirakan 1 Syawal, alias hari raya Idul Fitri, akan jatuh pada 12 Mei. Tetapi tanggal pastinya dapat berubah tergantung pada penampakan hilal.

Madbouly mengatakan, pembatasan tersebut dilakukan karena naiknya kasus Covid-19 harian di negara tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Sebagai pemerintah dan sebagai pejabat, kami sangat khawatir bahwa warga tidak sepenuhnya mematuhi tindakan pencegahan,” kata Madbouly.

“Kami mulai melihat bahwa infeksi terjadi di dalam keluarga, ketika satu orang sakit (mereka menulari) seluruh anggota keluarga," imbuh Madbouly.

Baca juga: Penemuan Pertama di Dunia, Mumi Wanita Hamil Mesir Kuno

Restoran, kafe, pusat perbelanjaan, dan tempat hiburan harus tutup pukul 21.00 waktu setempat. Namun, layanan pengiriman, akan terus beroperasi sepanjang waktu.

Pedoman baru tersebut juga melarang semua perayaan massal, yang biasanya terjadi selama hari raya Idul Fitri.

Mesir telah mengumumkan hari libur pada 12 Mei sampai 16 Mei untuk merayakan Idul Fitri. Berbagai bisnis baik di sektor publik maupun swasta akan ditutup selama jangka waktu tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X