Kompas.com - 06/05/2021, 15:44 WIB
Ilustrasi cerutu. KOMPAS IMAGES / KRISTIANTO PURNOMOIlustrasi cerutu.

HAVANA, KOMPAS.com – China menyalip Spanyol sebagai pasar terbesar di dunia untuk cerutu Kuba yang mahal.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh perusahaan cerutu milik negara Kuba, Habanos, sebagaimana dilansir Business Insider, Kamis (6/5/2021).

Wakil Presiden Komersial Habanos Leopoldo Cintra Gonzalez mengatakan pada konferensi pers virtual pada Selasa (4/5/2021) bahwa China menjadi pasar nomor wahid bagi cerutu Kuba.

Baca juga: Berakhirnya Era Castro Setelah 6 Dekade, Partai Komunis Kuba Tunjuk Pemimpin Baru

"Untuk pertama kalinya dalam sejarah kami, China telah menjadi pasar nomor 1 kami di dunia," kata Gonzalez sebagaimana diwartakan Cigar Aficionado.

Menurut Habanos, Penjualan cerutu Kuba di China telah tumbuh lebih dari 50 persen dalam enam tahun terakhir. Pada 2020 saja, penjualan cerutu Kuba naik lima persen.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Habanos juga telah mengincar peluang di China dalam beberapa tahun terakhir.

Eksekutif Habanos Jose Maria Lopez mengatakan kepada Xinhua pada 2018 bahwa China adalah pasar cerutu Kuba yang terus berkembang.

Baca juga: Kekuasaan Fidel Castro dan Adiknya Berakhir, Warga Kuba di AS Gembira

Pasalnya, pertumbuhan permintaan cerutu Kuba di “Negeri Panda” terus tumbuh dari tahun ke tahun.

Pada 2017, Habanos menandatangani kesepakatan dengan China National Tobacco Corporation untuk mempromosikan cerutu Kuba dan meningkatkan penjualan di China.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) China adalah rumah bagi lebih dari 300 juta perokok, sekitar sepertiga dari total perokok di dunia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X