Delapan Singa Asia di Kebun Binatang India Dinyatakan Positif Covid-19

Kompas.com - 06/05/2021, 11:14 WIB
Singa Asia, Ambar, di dalam kandang terbukanya di The Kamla Nehru Zoological Garden di Ahmedabad, dokumentasi pada 9 Maret 2016. AFP PHOTO/SAM PANTHAKYSinga Asia, Ambar, di dalam kandang terbukanya di The Kamla Nehru Zoological Garden di Ahmedabad, dokumentasi pada 9 Maret 2016.

NEW DELHI, KOMPAS.com - Delapan singa dinyatakan positif Covid-19 di kebun binatang India. Temuan ini diyakini sebagai kasus pertama yang meninfeksi jenis hewan tesebut di negara itu.

Pejabat di Nehru Zoological Park (NZP) dilaporkan memutuskan untuk melakukan uji Covid-19 kepada singa Asia.

Baca juga: [POPULER GLOBAL] Masalah Besar di Covid-19 India | Medsos Baru Trump

Pengujian dilakukan setelah dokter hewan yang bekerja di kebun binatang memperhatikan bahwa hewan tersebut memiliki gejala virus, termasuk kehilangan nafsu makan dan batuk.

Sampel delapan singa yang diuji menggunakan RT-PCR, menunjukkan hasil positif untuk virus corona, menurut The Center for Cellular and Molecular Biology (CCMB).

Tepatnya ada empat jantan dan empat betina, dari total 12 singa di area safari seluas 40 hektar itu dinyatakan positif virus corona, menurut Times of India.

Kurator dan direktur NZP tidak mengonfirmasi atau menyangkal berita tersebut. Mereka mengklaim belum menerima laporan RT-PCR.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Memang benar bahwa singa menunjukkan gejala Covid tetapi saya belum menerima laporan RT-PCR dari CCMB dan karenanya tidak pantas untuk berkomentar. Singa-singa itu baik-baik saja,” kata Dr Siddhanand Kukrety melansir Daily Mail pada Rabu (5/5/2021).

Sementara Subhadra Devi, Kurator NZP, menambahkan: “Saat kami melihat gejala keluarnya cairan dari hidung singa yang bertempat di kandang Lion Safari, kami memutuskan segera mengirim sampel untuk menguji kemungkinan infeksi virus.”

Baca juga: Dua Positif Covid-19, Delegasi India di KTT G-7 Inggris Isolasi Mandiri

Menurut S Kukrety, APCCF dan Direktur Kebun Binatang, Telangana, singa tersebut sekarang telah diisolasi dari hewan lain di kebun binatang.

“Mereka menerima perawatan yang sesuai dan perawatan yang diperlukan. Mereka juga merespons pengobatan dan pemulihan dengan baik.”

Halaman:
Baca tentang

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X