Kompas.com - 06/05/2021, 05:59 WIB
Ilustrasi mobil polisi. SHUTTERSTOCKIlustrasi mobil polisi.

ROMA, KOMPAS.com - Italia memimpin operasi polisi di seluruh Eropa melawan kelompok kejahatan terorganisasi Ndrangheta pada Rabu (5/5/2021).

Dalam operasi itu, aparat menyita kokain dan aset jutaan euro dalam penggerebekan dini hari.

Baca juga: Pamer Kemampuan Memasak di YouTube, Mafia Italia yang Buron Tertangkap

Ratusan polisi dan pejabat dilibatkan tidak hanya dari Italia, tetapi juga dari Jerman, Spanyol, dan Rumania.

Operasi ini bertujuan membubarkan perdagangan narkoba dan lingkaran penghindaran pajak, yang terkait dengan kelompok mafia Italia yang kuat.

Jaksa penuntut di Turin menjadi pemimpin dari operasi gabungan ini. Dua tersangka klan Ndrangheta menjadi target, yaitu keluarga Agresta dan Giorgi, kata penyelidik anti-mafia Italia, melansir AFP.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rekan mereka dituduh mengatur perdagangan kokain antara Italia, Belanda, Jerman, dan Spanyol. Mereka berkomunikasi melalui pesan terenkripsi, dan kemudian mencuci keuntungan melalui perusahaan komersial.

Polisi dan jaksa Jerman melaporkan bukti "penghindaran PPN terorganisasi" atas makanan yang diimpor dari Italia ke bar dan restoran di Jerman.

Perintah telah dikeluarkan untuk menyita aset senilai sekitar empat juta euro di Italia, dan sekitar dua juta di Jerman, kata mereka dalam sebuah pernyataan.

Rincian penggerebekan tersebut dikonfirmasi oleh polisi dan badan keadilan Uni Eropa, Europol dan Eurojust.

Mereka menambahkan bahwa senjata, kokain, dua kendaraan mewah dan perhiasan juga disita, dan rekening bank dibekukan.

Baca juga: Berawal dari Cerita Nenek, Polisi Berhasil Bongkar Sindikat Narkoba Mafia


Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X