Kompas.com - 01/05/2021, 11:46 WIB
PM Inggris Boris Johnson berpidato saat konferensi pers di Downing Street no. 10, London, pada Rabu (30/12/2020). DAILY TELEGRAPH/HEATHCLIFF O'MALLEY via APPM Inggris Boris Johnson berpidato saat konferensi pers di Downing Street no. 10, London, pada Rabu (30/12/2020).

LONDON, KOMPAS.com - Nomor hp pribadi Perdana Menteri Inggris Boris Johnson ketahuan beredar di internet selama 15 tahun, kata laporan media pada Jumat (30/4/2021).

Nomor yang dilaporkan BBC itu masih digunakan oleh Johnson yang memimpin Partai Konservatif.

Nomor tersebut muncul dalam siaran pers 2006 ketika Boris Johnson masih menjadi anggota parlemen oposisi.

Baca juga: Ikut Kecam European Super League, PM Inggris: Sepak Bola Hancur

Ketika nomor itu dihubungi AFP pada Jumat, terdapat pesan otomatis yang menunjukkan telepon terputus.

Kasus ini muncul saat Johnson diawasi dengan ketat atas renovasi mewah di Downing Street, dan hubungan dekat antara bisnis besar dengan para politisi Inggris, termasuk saling berbalas pesan teks dengan James Dyson.

Mantan penasihat keamanan nasional Peter Ricketts berkata ke BBC, negara musuh dan geng kriminal bisa saja memiliki akses ke nomor hp Boris Johnson.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Seorang Wanita Mengaku Selingkuhan PM Inggris Selama 4 Tahun

Ia menambahkan, tindakan dasar untuk pengamanan hari ini bagi Boris Johnson adalah mengganti nomornya.

Johnson berada di bawah tekanan untuk menjawab siapa yang awalnya membayar tagihan perbaikan apartemen di Downing Street senilai 200.000 pounds (Rp 4 miliar).

Komisi Pemilihan yang mengatur rekening parpol pada Rabu (28/4/2021) mengumumkan mereka membuka penyelidikan atas masalah itu.

Baca juga: PM Inggris Sebut Bukti Varian Baru Virus Corona Mungkin Lebih Mematikan


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X