China Bicarakan Pembelian Saham Aramco dari Arab Saudi

Kompas.com - 30/04/2021, 14:28 WIB
Tangki dan pipa minyak Aramco di kilang minyak Ras Tanura dan terminal minyak di Arab Saudi pada 21 Mei 2018. (REUTERS/Ahmed Jadallah) Ahmed JadallahTangki dan pipa minyak Aramco di kilang minyak Ras Tanura dan terminal minyak di Arab Saudi pada 21 Mei 2018. (REUTERS/Ahmed Jadallah)

BEIJING, KOMPAS.com – Investor-investor besar China sedang dalam pembicaraan untuk membeli saham perusahaan minyak Arab Saudi, Aramco.

Hal itu dibocorkan oleh beberapa sumber kepada Reuters pada Rabu (28/4/2021).

Arab Saudi sendiri tengah membahas penjualan 1 persen saham Saudi Aramco kepada perusahaan energi global yang terkemuka.

Baca juga: Serangan Houthi Membuat Lubang Besar di Tangki Minyak Saudi Aramco

Lebih lanjut, kerajaan berencana dapat menjual saham lebih banyak kepada investor internasional dalam satu atau dua tahun ke depan.

Rencana tersebut dipaparkan oleh Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) dalam sambutan yang disiarkan televisi pada Selasa (27/4/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kepemilikan 1 persen saham Aramco setara sekitar 19 miliar dollar AS (Rp 274 triliun) berdasarkan kapitalisasi pasar Aramco saat ini.

Dua orang sumber mengatakan kepara Reuters bahwa perusahaan investasi milik China, China Investment Corporation (CIC) merupakan salah satu pihak yang bisa saja membeli saham Aramco.

Baca juga: Kelompok Houthi Klaim Luncurkan Rudal ke Fasilitas Minyak Aramco

Seorang sumber yang dengan dengan CIC mengatakan, Aramco sedang menggelar pembicaraan dengan CIC.

Namun, CIC tidak bersedia berkomentar untuk menanggapi pernyataan tersebut.

Sumber lain mengatakan, Aramco telah berhubungan dengan investor China selama beberapa tahun dan CIC adalah investor yang paling mungkin.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X