Pembicaraan Rahasianya Bocor, Menlu Iran Nyatakan Mendukung “Penyesuaian” Militer dan Diplomasi

Kompas.com - 28/04/2021, 18:13 WIB
Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif. AFP / KAZUHIRO NOGIMenteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif.

 TEHERAN, KOMPAS.com - Menteri luar negeri (Menlu) Iran Mohammad Javad Zarif mengatakan mendukung "penyesuaian yang cerdas" antara bidang militer dan diplomatik.

Pernyataan ini merupakan reaksi publik pertamanya terhadap bocoran audio tentang dirinya yang meratapi pengaruh militer.

Baca juga: Publik Geger, Menlu Iran Sebut Militer Seret Teheran ke Perang Saudara Suriah

Zarif juga menyatakan penyesalannya atas kebocoran, yang telah memicu "pertikaian dalam negeri" tersebut, di tengah reaksi geram dari tokoh-tokoh konservatif dan media.

"Saya sangat menyesal bahwa pembicaraan teoretis rahasia mengenai perlunya sinergi antara diplomasi dan bidang (militer) ... berubah menjadi pertikaian dalam negeri," kata Kepala Diplomat Iran di akun Instagram-nya pada Rabu (28/4/2021).

Menurutnya, argumen "jujur dan penuh semangat" dalam ruang privat itu susah disalah artikan sebagai "kritik pribadi."

Tetapi Zarif tampaknya juga berpegang pada argumen inti, yang dibuatnya dalam audio yang bocor, menurut AFP.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dia mengonfirmasi "poin utama" dari pernyataannya dalam audio, terkait pandangannya soal militer yang memiliki terlalu banyak pengaruh pada diplomasi.

Zarif menekankan "perlunya penyesuaian yang cerdas dari hubungan antara diplomasi dan militer.”

Dia juga melihat kebutuhan untuk menetapkan prioritas melalui struktur hukum, di bawah lingkup yang besar dari pemimpin tertinggi, Ayatollah Ali Khamenei.

Baca juga: Kapal Patroli AS Lepaskan Tembakan Peringatan ke Kapal Iran

Presiden Iran Hassan Rouhani telah memerintahkan penyelidikan untuk mengidentifikasi siapa yang membocorkan rekaman tiga jam yang "dicuri" itu.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X