Inspirasi Energi: Penjualan Mobil Diesel di Eropa Merosot, Kendaraan Hybrid Melejit

Kompas.com - 26/04/2021, 13:00 WIB
Ratusan ribu unit mobil diesel Volkswagen dan Audi diparkir di ruang penyimpanan di dekat Victorville, California, Amerika Serikat, Rabu (28/3/2018). 
Lucy Nicholson/ReutersRatusan ribu unit mobil diesel Volkswagen dan Audi diparkir di ruang penyimpanan di dekat Victorville, California, Amerika Serikat, Rabu (28/3/2018).

KOMPAS.com – Penjualan mobil diesel di Eropa dilaporkan anjlok pada kuartal pertama tahun ini.

Dari seluruh penjualan mobil di Eropa, penjualan mobil diesel hanya berkontribusi sebesar 23,2 persen sebagaimana dilansir AFP, Jumat (23/4/2021).

Padahal pada kuartal pertama 2020, penjualan mobil diesel berkontribusi sebesar 30 persen dari seluruh penjualan mobil di Eropa.

Baca juga: Inspirasi Energi: Mengenal Nord Stream, Proyek Raksasa yang Mengirim Gas ke Eropa

Di sisi lain, penjualan mobil hybrid di “Benua Biru” mengalami peningkatan.

Asosiasi Produsen Mobil Eropa melaporkan, penjualan mobil hybrid mencatatkan 18,4 persen dari keseluruhan penjualan mobil di benua tersebut.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pangsa penjualan mobil hybrid tersebut meningkat hampir dua kali lipat dalam periode yang sama pada tahun lalu.

"Permintaan mobil listrik juga meningkat selama tiga bulan ini. Kendaraan listrik baterai mencapai 5,7 persen dari semua mobil baru, sementara mobil listrik plug-in hybrid menyumbang 8,2 persen,” lapor Asosiasi Produsen Mobil Eropa.

Baca juga: Inspirasi Energi: 5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia pada 2021

Asosiasi tersebut menambahkan, sejak Januari hingga Maret 2021, volume penjualan mobil diesel turun 20,1 persen dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Dalam kurun waktu tersebut, hanya 593.559 unit mobil diesel yang berhasil terjual di seluruh Eropa.

Sementara itu, di Jerman dan Spanyol, volume penjualan mobil diesel turun hampir 30 persen dibandingkan kuartal pertama tahun lalu.

Halaman:

Sumber Bloomberg,AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X