Helikopter NASA di Mars Berhasil Catat Perkembangan Bagus, Apa Itu?

Kompas.com - 26/04/2021, 11:13 WIB
Ilustrasi Helikopter Ingenuity saat melakukan uji penerbangan di Mars. physIlustrasi Helikopter Ingenuity saat melakukan uji penerbangan di Mars.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Helikopter mini NASA yang bernama Ingenuity pada Minggu (25/4/2021) berhasil menyelesaikan penerbangan ketiganya di Mars, dan bergerak lebih jauh serta lebih cepat dari sebelumnya.

Kantor berita AFP melaporkan, Ingenuity sukses mencapai kecepatan tertinggi 20 meter per detik.

Kemudian untuk jaraknya, di penerbangan ketiga ini helikopter Nasa dapat terbang sejauh 50 meter.

Baca juga: Sejarah Tercipta, Robot NASA Sukses Membuat Oksigen di Mars

"Penerbangan haru ini adalah apa yang kami rencanakan, namun itu benar-benar menakjubkan," kata Dave Lavery eksekutif program proyek Ingenuity.

Pesawat penjelajah Perseverance yang membawa helikopter seberat 1,8 kg itu ke Mars, merekam penerbangan ketiga selama 80 detik.

NASA pada Minggu mengatakan, klip videonya akan dikirim ke Bumi beberapa hari mendatang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penerbangan lateral adalah tes untuk sistem navigasi otonom helikopter, yang melengkapi rute berdasarkan informasi yang diterima sebelumnya.

Baca juga: NASA Berhasil Terbangkan Drone dari Mars untuk Pertama Kalinya di Dunia

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X