Kompas.com - 25/04/2021, 19:21 WIB
Jemaah melakukan shalat jenazah untuk pasien virus corona yang tewas akibat kebakaran di rumah sakit Covid-19 pada Minggu (25/4/2021). Kementerian Dalam Negeri Irak mengumumkan 82 orang tewas dan lebih dari 100 korban luka-luka. AP PHOTO/ANMAR KHALILJemaah melakukan shalat jenazah untuk pasien virus corona yang tewas akibat kebakaran di rumah sakit Covid-19 pada Minggu (25/4/2021). Kementerian Dalam Negeri Irak mengumumkan 82 orang tewas dan lebih dari 100 korban luka-luka.

BAGHDAD, KOMPAS.com - Kebakaran besar yang melanda rumah sakit rujukan Covid-19 di Baghdad, ibu kota Irak, pada Minggu (25/4/2021) dini hari menewaskan 82 orang.

Banyak korban tewas masih memakai alat bantu pernapasan, saat si jago merah melalap rumah sakit Ibn Al Khatib di Baghdad.

Sumber medis mengatakan kepada AFP, api bermula dari ledakan karena kesalahan penyimpanan tabung oksigen.

Baca juga: Unit Perawatan Intensif Pasien Virus Corona di Irak Kebakaran, Sekitar 23 Orang Meninggal

Api menyebar dengan cepat di beberapa lantai saat tengah malam. Saat itu puluhan kerabat pasien berada di samping ranjang dari 30 pasien ICU.

"Rumah sakit tidak memiliki sistem proteksi kebakaran, dan pemasangan langit-langit yang salah memungkinkan api menyebar ke barang-barang yang sangat mudah terbakar," kata badan pertahanan sipil Irak.

Banyak korban tewas karena mereka harus dipindahkan dan dilepas ventilatornya, sedangkan yang lainnya mati lemas karena menghirup asap, tambah dia.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Setidaknya 23 korban tewas dilaporkan petugas medis tak lama setelah kebakaran, lalu jumlahnya meningkat jadi 82 dan 110 korban luka-luka yang diumumkan Kementerian Dalam Negeri Irak.

Baca juga: Paus Fransiskus Mengaku Dapat Wahyu Sebelum Berangkat ke Irak

Rumah sakit Irak rusak akibat konflik puluhan tahun dan pendanaan yang buruk.

Beberapa rumah sakit di Irak kekurangan obat-obatan dan ranjang perawatan.

Perdana Menteri Irak Mustafa Al Kadhemi lalu menyerukan penyelidikan penyebab kebakaran, dan mengumumkan hari berkabung nasional.

Parlemen Irak juga akan mengabdikan sesi pada Senin (26/4/2021) untuk mengenang tragedi tersebut.

Baca juga: 10 Bayi Tewas dalam Insiden Kebakaran Tragis di Rumah Sakit India


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.