Kompas.com - 25/04/2021, 16:26 WIB
Foto yang diambil pada 6 Oktober 2020 memerlihatkan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan memberikan wawancara kepada AFP di Yerevan. Pada 25 Februari 2021, Pashinyan menuding militer hendak melakukan kudeta buntut kekalahan Armenia dari Azerbaijan pada tahun lalu. AFP PHOTO/-Foto yang diambil pada 6 Oktober 2020 memerlihatkan Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan memberikan wawancara kepada AFP di Yerevan. Pada 25 Februari 2021, Pashinyan menuding militer hendak melakukan kudeta buntut kekalahan Armenia dari Azerbaijan pada tahun lalu.

YEREVAN, KOMPAS.com - Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan pada Minggu (25/4/2021) mengundurkan diri, tetapi tetap menjalankan tugas sementaranya.

Dengan mundurnya Pashinyan, maka pemungutan suara parlemen akan diadakan pada 20 Juni, dalam rangka meredakan krisis politik yang berlarut-larut.

Pashinyan terus didesak mundur sejak menandatangani perjanjian damai dengan Azerbaijan yang ditengahi Rusia pada November.

Baca juga: Armenia Panas, Azerbaijan Pamerkan Helm Tentara yang Tewas sebagai Piala Perang

Perjanjian damai tersebut menandai berakhirnya perang di daerah sengketa Nagorno-Karabakh.

"Saya mengundurkan diri dari jabatan sebagai perdana menteri hari ini," kata Pashinyan dalan pengumuman di Facebook-nya yang dikutip AFP.

Setelah Pashinyan mengumumkan pengunduran dirinya, semua anggota kabinetnya juga mundur sesuai hukum Armenia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun Pashinyan mengatakan, dia akan tetap memenuhi tugasnya sebagai kepala pemerintahan sementara.

Baca juga: Dilanda Krisis Politik, PM Armenia Konfirmasi April Akan Mengundurkan Diri

Kekalahan Armenia dari Azerbaijan yang secara teknologi lebih unggul, memicu protes massal di republik miskin pecahan Uni Soviet tersebut.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X