Mobil Listrik Pertama Lebanon Diluncurkan di Tengah Krisis Ekonomi Sejak 2019

Kompas.com - 25/04/2021, 09:23 WIB
Mobil listrik pertama yang diluncurkan Lebanon di tengah krisis ekonomi sejak 2019. [Anwar Amro/AFP] Anwar Amro/AFPMobil listrik pertama yang diluncurkan Lebanon di tengah krisis ekonomi sejak 2019. [Anwar Amro/AFP]

BEIRUT, KOMPAS.com - Lebanon meluncurkan mobil listrik pertama, meski sedang mengalami krisis ekonomi yang mengerikan dengan seringnya pemadaman listrik.

Mobil sport berwarna merah diluncurkan dengan nama "Quds Rise", menggunakan nama Arab Yerusalem. Di bagian depan mobil terpampang logo emas Kubah Batu, tempat suci di kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem, situs suci ketiga Islam.

Mobil ini merupakan proyek dari pengusaha Palestina kelahiran Lebanon, Jihad Mohammad, seperti yang dilansir dari Al Jazeera pada Sabtu (24/4/2021).

Baca juga: Inspirasi Energi: 5 Mobil Listrik Tercepat di Dunia pada 2021

Ini adalah "mobil pertama yang dibuat secara lokal", kata Mohammad kepada wartawan dalam pembukaan di tempat parkir di selatan Beirut, pada Sabtu.

Mobil sepenuhnya dibangun di Lebanon "dari awal sampai akhir", katanya tentang prototipe mobil.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Mobil itu dibandrol dengan harga 30.000 dollar AS (Rp 435,9 juta).

Ditargetkan mobil sport tersebut dapat memproduksi hingga 10.000 kendaraan, yang dimulai akhir tahun ini, dengan mobil akan memasuki pasar dalam waktu 1 tahun, kata Mohammad, direktur perusahaan EV Electra yang berbasis di Lebanon.

Baca juga: 8 Mobil Listrik Tercepat di Dunia dengan Kecepatan Ratusan Mil per Jam

Mohammad (50 tahun) mengatakan, ia mendirikan perusahaan tersebut pada 4 tahun lalu, dengan mempekerjakan insinyur Lebanon dan Palestina antara 300 anggota staf.

Dia mengatakan tujuan jangka panjangnya adalah mobil listrik pertama Lebanon itu dapat bersaing di pasar internasional.

Namun di sisi lain, mimpi itu menghadapi kenyataan tentang Lebanon yang dalam kesulitan hadapi krisis ekonomi terburuk dalam beberapa dekade.

Baca juga: Malaysia Segera Luncurkan Mobil Listrik Lokal Pertama, Harga di Bawah Rp 176 Juta

Halaman:

Sumber Al Jazeera
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X