Setelah KTT ASEAN, Muhyiddin Yassin Sebut Myanmar Mau Hentikan Kekerasan

Kompas.com - 25/04/2021, 07:38 WIB
Panglima AD Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing. AFP/YE AUNG THUPanglima AD Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing.

JAKARTA, KOMPAS.com – Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengatakan, junta Myanmar sepakat bahwa pasukannya harus mengurangi kekerasan dan berhenti membunuh warga sipil.

Hal itu diungkapkan oleh Muhyiddin seusai KTT ASEAN alias ASEAN Leaders’ Meeting di Jakarta, Indonesia, pada Sabtu (24/4/2021).

Dalam KTT tersebut, pemimpin junta militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing turut hadir.

Baca juga: ASEAN Akan Fasilitasi Solusi Damai untuk Kepentingan Rakyat Myanmar

Melansir Reuters, dia menuturkan bahwa pembunuhan dan kekerasan di Myanmar harus diakhiri.

“Semua pihak harus segera menahan diri dari setiap provokasi dan tindakan yang akan melanggengkan kekerasan dan kerusuhan," kata Muhyiddin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, dia juga menyerukan dialog politik yang bermakna dan inklusif. Hal tersebut hanya bisa terjadi jika Myanmar membebaskan tahanan politik secepat mungkin, tanpa syarat.

"Kami telah berhasil. Itu di luar ekspektasi kami untuk mendapatkan hasil dari pertemuan hari ini (Sabtu)," kata Muhyiddin sebagaimana diwartakan Bernama.

Baca juga: Jokowi: ASEAN Capai Konsensus Konflik Myanmar

Muhyiddin berujar, Malaysia mengajukan tiga usulan dalam pertemuan tersebut. Usulan pertama adalah penurunan eskalasi di lapangan.

"Kami berusaha untuk tidak terlalu menuduh pihak (Min Aung Hlaing) karena kami tidak peduli siapa yang menyebabkannya," kata Muhyiddin kepada Reuters.

"Kami hanya menekankan bahwa kekerasan harus dihentikan. Menurutnya, pihak lain yang menyebabkan masalah. Tapi dia setuju bahwa kekerasan harus dihentikan,” tambah Muhyiddin.

Halaman:

Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X