China Akan Umumkan Nama Wahana Penjelajah Mars Pertamanya

Kompas.com - 19/04/2021, 22:58 WIB
Ilustrasi planet Mars dan Bumi. Minggu ini, kedua planet ini akan berada pada jarak yang sangat dekat. SHUTTERSTOCK/OrlaIlustrasi planet Mars dan Bumi. Minggu ini, kedua planet ini akan berada pada jarak yang sangat dekat.

NANJING, KOMPAS.com - China akan mengumumkan nama wahana penjelajah (rover) Mars pertamanya dalam peringatan Hari Antariksa China yang jatuh pada 24 April, demikian disampaikan Administrasi Luar Angkasa Nasional China (China National Space Administration/CNSA).

Nanjing, ibu kota Provinsi Jiangsu, China timur, akan menjadi tuan rumah acara-acara utama yang menandai peringatan Hari Antariksa China tahun ini, ujar Lyu Bo, seorang pejabat CNSA, dalam konferensi pers pada Senin (19/4/2021).

Acara itu meliputi upacara pembukaan, pembicaraan bilateral terkait stasiun penelitian Bulan internasional, dan Konferensi Antariksa China keempat.

Baca juga: NASA Siarkan Langsung Penerbangan Pertama di Mars, Berikut Link Live Streaming-nya

Nama wahana penjelajah Mars China akan diumumkan dalam upacara pembukaan pada Sabtu (24/4/2021), tutur Lyu dikutip dari Xinhua.

China telah meluncurkan wahana antariksa Tianwen-1 pada 23 Juli 2020. Pesawat luar angkasa yang terdiri dari wahana pengorbit (orbiter), pendarat (lander), dan penjelajah tersebut memasuki orbit parkir Mars usai melakukan manuver orbital pada 24 Februari.

Kampanye global penamaan wahana penjelajah itu dimulai pada Juli tahun lalu. Warganet di China maupun luar negara itu diundang untuk memilih nama favorit mereka di antara 10 kandidat mulai 20 Januari hingga 28 Februari.

Bulan lalu, tiga nama potensial telah muncul, dengan "Zhurong", dewa api dalam mitologi China kuno, menduduki peringkat teratas dalam daftar itu.

Baca juga: NASA Rilis Rekaman Suara Pertama dari Mars


Sumber Xinhua
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X