NASA Siarkan Langsung Penerbangan Pertama di Mars, Berikut Link Live Streaming-nya

Kompas.com - 19/04/2021, 15:14 WIB
Ilustrasi Helikopter Ingenuity saat melakukan uji penerbangan di Mars. physIlustrasi Helikopter Ingenuity saat melakukan uji penerbangan di Mars.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, akan mencoba menerbangkan helikopter mini di Mars.

Uji coba itu akan dilakukan pada Senin (19/4/2021) pukul 6.15 ET atau pukul 17.15 WIB. Jika berhasil, itu akan menjadi penerbangan helikopter pertama di Planet Merah.

Helikopter mini bernama Ingenuity itu mendarat di Planet Merah bersama dengan wahana penjelajah Perseverance pada 18 Februari.

Baca juga: Penerbangan Helikopter Perdana di Mars Ditunda, Ini Sebabnya

Melansir Euronews, Ingenuity diperkirakan akan terbang hanya selama 40 detik untuk uji terbang pertamanya.

Sebenarnya, rencana uji coba Ingenuity dilakukan pada 10 April. Namun karena masalah teknis pada rotornya, uji coba terbangnya ditunda.

Tim yang menjalankan misi penerbangan mekanis pertama di Mars menghadapi sejumlah tantangan.

Tantangan terbesar mereka adalah bagaimana menerbangkan helikopter di lingkungan Mars karena perbedaan gravitasi dan atmosfer di bumi.

Manajer Proyek Helikopter Mars Ingenuity di Jet Propulsion Laboratory NASA MiMi Aung mengatakan tantangan pertama dan terpenting adalah membuat wahana yang cukup ringan dan bisa diangkat.

Baca juga: NASA Rilis Rekaman Suara Pertama dari Mars

“Tantangan kedua adalah menghasilkan daya angkat rotor. Sistem rotor harus berputar sangat cepat," kata Aung.

Uji coba penerbangan ini Upaya ini sekaligus memperingati penerbangan pesawat pertama di Bumi oleh Wright bersaudara pada 1903 di Kitty Hawk, North Carolina, Amerika Serikat (AS).

Halaman:

Sumber Euronews
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X