Kompas.com - 19/04/2021, 06:41 WIB
Orang tertua di Amerika Serikat (AS), Hester Ford, saat merayakan ulang tahun ke-115. Dia meninggal dunia pada Sabtu (17/4/2021) dalam usia 116 tahun. GERONTOLOGY WIKIAOrang tertua di Amerika Serikat (AS), Hester Ford, saat merayakan ulang tahun ke-115. Dia meninggal dunia pada Sabtu (17/4/2021) dalam usia 116 tahun.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Warga Amerika Serikat (AS) tertua, Hester Ford, meninggal dunia dalam usia 116 tahun pada Sabtu (17/4/2021).

Ford lahir pada 1905 jauh sebelum Perang Dunia I, sebelum es krim cone ditemukan, dan Terusan Panama masih dalam tahap pengerjaan awal.

Kematian warga North Carolina itu diumumkan di Facebook oleh cicit perempuan Ford, Tanisha Myers.

Baca juga: 5 Masjid Tertua di Inggris, yang Pertama Dibangun pada 1889

Myers mengatakan, Ford mengembuskan napas terakhirnya dengan damai di rumah dan dikelilingi oleh keluarga sebagaimana dilansir AFP, Minggu (18/4/2021).

Dia memiliki 288 keturunan yakni 12 anak, 48 cucu, 108 cicit, dan 120 canggah.

"Meski dia telah meninggal, warisan dan ingatannya akan terus hidup melalui keluarganya dan semua orang untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk generasi yang akan datang," tulis Myers dalam unggahannya.

Di sisi lain, tanggal kelahiran Ford secara tepat masih belum jelas. Namun, dia telah diakui oleh Gerontology Research Group (GRG) sebagai warga AS tertua.

Baca juga: Penemuan Lempeng Batu Diyakini Peta 3D Tertua Berusia 4.000 Tahun

Ford dibesarkan di wilayah pedesaan South Carolina. Dia menghabiskan masa kecilnya dengan memetik dan menanam kapas serta membajak ladang, menurut WBTV, afiliasi CBS di Charlotte.

Setelah beranjak dewasa, Ford kemudian bekerja selama bertahun-tahun sebagai pengasuh. Ford menikah dengan suaminya pada 1918.

Setelah menikah selama 45 tahun, suami Ford meninggal dunia pada 1963.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X