Kompas.com - 18/04/2021, 23:17 WIB
Pameran Hannover Messe 2021 telah sukses terselenggara pada 12-16 April 2021 DPA/JULIAN STRATENSCHULTE via DW INDONESIAPameran Hannover Messe 2021 telah sukses terselenggara pada 12-16 April 2021

HANNOVER, KOMPAS.com - Duta Besar RI untuk Jerman Arief Havas Oegroseno dalam press event penutupan Hannover Messe 2021 menyatakan, meski digelar secara virtual, pameran ini menjadi kesempatan baik untuk memperkenalkan 156 eksibitor dari Indonesia ke dunia.

Oegroseno mengungkapkan saat ini Indonesia memiliki banyak perusahaan rintisan berbasis teknologi (startup), bahkan beberapa sudah menyandang gelar unicorn dan decacorn. Kemajuan tersebut diyakini mampu menarik perhatian investor dari berbagai negara untuk menanamkan modalnya di Indonesia.

"Berhubung pandemi masih berlangsung, penting juga untuk lebih fokus pada sektor kesehatan dari industri itu sendiri dan Indonesia siap untuk itu,” ucapnya.

Baca juga: Startup Indonesia Menang Penghargaan di Jerman berkat Inovasi untuk Petani Lokal

Oegroseno menyebut ada perusahaan Indonesia yang telah berhasil meneken kontrak kerja sama dengan perusahaan di Jerman.

"Salah satu perusahaan teknologi dari Jawa Tengah telah menandatangani kesepakatan dengan perusahaan asal Jerman di hari pembukaan Hannover Messe 2021,” katanya.

Dubes RI di Berlin Arief Havas Oegroseno.KBRI BERLIN via DW INDONESIA Dubes RI di Berlin Arief Havas Oegroseno.
Program INDI 4.0

Pada 2019, pemerintah Indonesia meluncurkan Indonesia Industry 4.0 Readiness Index (INDI 4.0), yaitu indikator penilaian tingkat kesiapan industri di Indonesia dalam menerapkan teknologi era industri 4.0.

Partisipasi Indonesia sebagai official partner country Hannover Messe 2021 menjadi salah satu bagian dari upaya transformasi industri 4.0 yang telah dituangkan dalam sebuah peta jalan Making Indonesia 4.0, dengan tujuan menggiring Indonesia masuk dalam 10 besar ekonomi dunia pada 2030.

"Kami telah mengembangkan indikator INDI 4.0 dan kami mencari beberapa industri Jerman untuk memperkuat indikator yang kami punya,” kata Oegroseno.

Baca juga: Kisah Moorissa Tjokro, Satu-satunya Gadis WNI Insinyur Autopilot Mobil Tesla

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X