[Biografi Tokoh Dunia] Fatima al-Fihri, Wanita Pendiri Universitas Tertua di Dunia

Kompas.com - 18/04/2021, 21:02 WIB
Ilustrasi ini adalah gambar Fatima al-Fihri wanita muslim yang sudah membangun Universitas Pertama di Dunia pada awal abad ke 9. AFRICA FACT ZONE via TWITTERIlustrasi ini adalah gambar Fatima al-Fihri wanita muslim yang sudah membangun Universitas Pertama di Dunia pada awal abad ke 9.

KOMPAS.com - Akses ke dunia pendidikan bagi wanita Indonesia baru perlahan terbuka oleh perjuangan Raden Adjeng Kartini hingga awal 1900-an.

Sementara jauh pada periode masehi, ternyata Fatima Al-Fihri menjadi tokoh wanita muslim yang sudah berada di garis terdepan membangun universitas pertama di dunia.

Dialah yang mempelopori model pendidikan tinggi, yang dibarengi dengan penerbitan derajat berbagai jenjang ilmu di dunia.

Baca juga: Perempuan Berdaya: 5 Petarung Wanita dari Zaman Kuno yang Mengukir Sejarah

Awalnya, dia bermigrasi dengan keluarganya pada awal abad kesembilan dari Qairawan (Tunisia saat ini) ke kota Fez di Maroko, selama pemerintahan Idris II.

Fez pada saat itu adalah kota metropolitan yang ramai dari "Muslim Barat" (dikenal sebagai al-Maghrib), dan merupakan salah satu kota Muslim paling berpengaruh.

Fez merupakan kombinasi yang kaya antara agama dan budaya, baik tradisional maupun kosmopolitan. Ini adalah kota, di tepi kiri Sungai Fez, tempat keluarga Fatima menetap dan dia akhirnya menikah.

Setelah banyak kerja keras dan perjuangan di awal yang sederhana, keluarga Fatima akhirnya diberkati dengan kemakmuran. Ayahnya, Mohammad bin Abdullah Al-Fihri, telah menjadi pengusaha yang sangat sukses.

Tapi menurut para sejarawan, Fatima menyimpan banyak rahasia dalam hidupnya. Salah satu misteri yaitu tentang tanggal kematiannya, yang mungkin sekitar 878 M.

Selama hidupnya, Fatima juga disebut sebagai "ibu dari anak laki-laki". Menurut sejarawan Mohammed Yasser Hilali, julukan ini mungkin berasal dari kebiasaannya beramal dan fakta bahwa dia mengambil murid di bawah binaannya.

Baca juga: Perempuan Berdaya: 7 Legenda Wanita Bersejarah dalam Islam

Pembangunan Mesjid

Fatima adalah seorang yang sangat bertakwa kepada Tuhan. Setelah kematian suami, ayah, dan saudara laki-lakinya dalam waktu singkat, Fatima dan satu-satunya saudara kandungnya yang lain, Mariam, menerima warisan yang cukup besar yang bisa menjamin kemandirian finansial mereka.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X