Resmi, NASA Tunjuk SpaceX Kembangkan Wahana Pendarat di Bulan

Kompas.com - 17/04/2021, 14:17 WIB
Ilustrasi desain wahana pendarat manusia SpaceX Starship yang akan membawa astronot NASA ke permukaan Bulan di bawah program Artemis. SPACEX via NASAIlustrasi desain wahana pendarat manusia SpaceX Starship yang akan membawa astronot NASA ke permukaan Bulan di bawah program Artemis.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com – Badan antariksa Amerika Serikat (AS), NASA, menunjuk SpaceX untuk mengembangkan wahana pendarat komersial pertama di Bulan.

Pengumuman tersebut disampaikan NASA pada Jumat (16/4/2021) sebagaimana dilansir Deutsche Welle.

Baca juga: SpaceX Luncurkan 4 Astronot ke ISS, Akhiri Ketergantungan Dunia pada Rusia

Wahana pendarat tersebut akan membawa wanita dan pria kulit berwarna pertama yang menginjakkan kaki di Bulan.

Dalam rencana tersebut, NASA berencana mengirim empat astronot dengan pesawat ruang angkasa Orion ke orbit Bulan.

Dari orbit Bulan, dua astronot akan dipindah ke wahana pendarat SpaceX, bernama Starship, untuk mendarat di permukaan Bulan.

NASA mengatakan, Starship akan mencakup kabin dan dua kompartemen dengan tekanan terkontrol untuk memuluskan para misi paraa astronot di permukaan Bulan.

Baca juga: Dua Astronot Mendarat di Bumi, Kabar Baik untuk Misi Luar Angkasa SpaceX

Wahan pendarat tersebut rencananya akan digunakan kembali untuk peluncuran dan pendaratan dalam misi perjalanan luar angkasa lainnya.

"Kami tidak akan berhenti di bulan," kata Steve Jurczyk, penjabat administrator NASA. Badan antariksa AS tersebut juga belum merinci tanggal pasti peluncuran proyek tersebut.

Namun, Kepala Kantor Eksplorasi NASA Kathy Lueders memprediksi bahwa peluncuran tersebut bisa saja terjadi dalam dekade ini.

"Kami akan melakukannya jika sudah aman," kata Lueders.

Baca juga: Benarkah Ada UFO Hampir Tabrak Satelit SpaceX? Ini Penjelasannya

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X