Olimpiade Tokyo Tanpa Ragu-ragu Harus Dibatalkan jika Covid-19 Jepang Semakin Parah

Kompas.com - 15/04/2021, 20:17 WIB
Biaya Penundaan Olimpiade Tokyo bisa Capai Rp 39,48 Triliun
AFP PHOTO/PHILIP FONGBiaya Penundaan Olimpiade Tokyo bisa Capai Rp 39,48 Triliun

TOKYO, KOMPAS.com - Seorang politisi senior Jepang pada Kamis (14/4/2021) mengatakan pembatalan Olimpiade Tokyo karena virus corona mungkin terjadi.

Lonjakan kasus di Negeri Sakura, memperbarui kekhawatiran tentang penyelenggaraan Olimpiade di tengah pandemi yang waktunya kurang dari 100 hari lagi.

Toshiro Nikai, orang nomor dua dari Partai Demokrat Liberal yang berkuasa, mengatakan Olimpiade Tokyo harus dibatalkan ”tanpa ragu-ragu” jika situasi virus terlalu parah.

Baca juga: Khawatir Covid-19, Korea Utara Mundur dari Olimpiade Tokyo

Setahun setelah penundaan Olimpiade 2020, event olahraga internasional ini tetap dilanda masalah pandemi.

Beberapa bagian dari estafet obor terpaksa dilakukan secara “tertutup dan dukungan publik secara konsisten rendah.”

Penyelenggara dan pejabat Olimpiade bersikeras akan berjalan menyelenggarakan evet ini dengan aman. Tetapi Nikai mengatakan bahwa semua opsi masih dipertimbangkan.

"Kami perlu membuat keputusan tergantung pada situasi saat itu," katanya kepada jaringan televisi swasta TBS pada Kamis (15/4/2021).

"Kami harus membatalkannya tanpa ragu-ragu jika sudah tidak memungkinkan lagi," tambah Nikai, yang merupakan sekretaris jenderal LDP.

Ditanya apakah dia menganggap pembatalan sebagai opsi, Nikai menjawab: "Ya, tentu saja. Jika infeksi menyebar karena Olimpiade, saya tidak tahu untuk apa Olimpiade itu."

Dia melihat Olimpiade sebagai peluang bagi Jepang. Jadi penting juga menumbuhkan kegembiraan dengan dukungan dari publik.

Halaman:

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X