Sebab Kematian George Floyd Belum Ditentukan, Ini 3 Versinya...

Kompas.com - 15/04/2021, 15:34 WIB
Pallbearer mengangkat peti mati George Floyd saat upacara pemakaman di Gereja The Fountain of Praise di Houston, AS,  Selasa (9/6/2020). Ribuan pelawat baik di dalam tempat penghormatan terakhir hingga di jalanan menuju area pemakaman berbaris seiring peti berlapis emas yang membawa jasad Floyd dibawa menggunakan kereta kuda. AFP/GODOFREDO A VASQUEZPallbearer mengangkat peti mati George Floyd saat upacara pemakaman di Gereja The Fountain of Praise di Houston, AS, Selasa (9/6/2020). Ribuan pelawat baik di dalam tempat penghormatan terakhir hingga di jalanan menuju area pemakaman berbaris seiring peti berlapis emas yang membawa jasad Floyd dibawa menggunakan kereta kuda.

MINNEAPOLIS, KOMPAS.com - Penyebab kematian George Floyd sampai sekarang terus diperdebatkan, dan di pengadilan muncul tiga versi.

Sidang George Floyd telah digelar selama dua minggu sejak 31 Maret, dengan menghadirkan hampir 40 saksi termasuk ahli medis, polisi yang masih aktif dan pensiun, serta pengamat penangkapan.

Melansir AFP pada Rabu (14/4/2021), berikut adalah tiga versi penyebab kematian George Floyd.

Baca juga: Bersaksi di Sidang George Floyd, Petugas Damkar: Saya Dilarang Menolong

1. Serangan jantung

Dr David Fowler pensiunan ahli patologi forensik mengatakan, George Floyd meninggal karena serangan jantung yang disebabkan penyakit jantung, penggunaan obat-obatan terlarang, dan faktor lainnya.

Fowler merupakan saksi yang dipanggil tim pembela Derek Chauvin di sidang George Floyd, dan ia memberikan kesaksiannya kemarin.

Mantan kepala pemeriksa medis di negara bagian Maryland itu melanjutkan, dia tidak percaya George Floyd meninggal karena hipoksia dan akan mengklasifikasikan kematiannya "belum ditentukan".

"Salah satu kegunaan dari klasifikasi khusus ini adalah ketika Anda memiliki begitu banyak mekanisme potensial yang saling bertentangan saat penyebabnya tidak jelas."

Fowler yang kelahiran Afrika Selatan mengatakan, jantung George Floyd membesar dan menimbulkan penyempitan signifikan dari semua arteri koronernya.

Baca juga: Perekam Video George Floyd Menangis di Sidang, Minta Maaf Tak Bisa Membantu

2. Konsumsi obat-obatan terlarang dan keracunan karbon monoksida

Dr David Fowler melanjutkan, kemungkinan penyebab kematian George Floyd selanjutnya adalah konsumsi obat-obatan terlarang.

Dia mengatakan, fentanil dan metamfetamin yang dicerna George Floyd berkontribusi pada kematiannya bersama dengan potensi peran karbon monoksida.

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X