Video Ribuan Orang Ikut Ritual di Sungai Gangga, Ratusan Positif Covid-19 Setelahnya

Kompas.com - 15/04/2021, 07:48 WIB
Umat Hindu India berendam di perairan suci di Sangam, yang merupakan pertemuan Sungai Gangga, Yamuna dan sungai Saraswati, Senin (4/2/2019), pada berlangsungnya Festival Kumbh Mela. (AFP/UTTAR PRADESH PR DEPT) Umat Hindu India berendam di perairan suci di Sangam, yang merupakan pertemuan Sungai Gangga, Yamuna dan sungai Saraswati, Senin (4/2/2019), pada berlangsungnya Festival Kumbh Mela. (AFP/UTTAR PRADESH PR DEPT)

NEW DELHI, KOMPAS.com – Jutaan umat Hindu mandi di sungai Gangga, India, pada awal pekan ini untuk berpartisipasi dalam salah satu ritual Kumbh Mela.

Setelah itu, ratusan orang yang mendatangi ritual tersebut, termasuk sembilan pemuka agama, dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 di kota Haridwar, Uttarakhand.

Baca juga: Para Caleg India Gunakan Anjing Liar sebagai Papan Iklan Berjalan

Pada Selasa (13/4/2021), India melaporkan 184.372 kasus Covid-19 baru, lonjakan harian tertinggi di negara tersebut sebagaimana dilansir BBC, Rabu (14/4/2021).

Banyak yang mengkritik pemerintah karena membiarkan ritual itu terus berlangsung di tengah pandemi yang mengamuk.

Umat Hindu di India percaya bahwa sungai Gangga itu suci, dan berenang ke dalam air akan membersihkan mereka dari dosa-dosa mereka dan membawa keselamatan.

Pejabat polisi mengatakan mereka berjuang untuk menerapkan protokol keselamatan karena kerumunan besar di tepi sungai tersebut.

Petugas yang memimpin pengujian Covid-19 ritual Kumbh Mela mengatakan kepada BBC bahwa dari lebih dari 20.000 sampel yang dikumpulkan di daerah tersebut pada Selasa, 110 di antaranya dinyatakan positif Covid-19.

Baca juga: Wanita India Mengaku Bakal Dinikahi Pangeran Harry, Ingin Si Bangsawan Ditahan

Pada Senin (12/4/2021), 184 orang yang mengikui ritual tersebut dinyatakan positif. Sebagian di antara merela telah diisolasi yang lainnya telah dipindahkan ke rumah sakit di kota Haridwar.

Arjun Sengar, petugas kesehatan di Kumbh Mela, mengatakan sebanyak sembilan pemuka agama juga dinyatakan positif Covid-19.

Ketua Akhil Bharatiya Akhada Parishad (ABAP) Narendra Giri juga dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Video Pilihan

Sumber BBC
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.