Pengunduran Diri Belum Disetujui, Polisi Pelaku Penembakan Daunte Wright Dipertimbangkan Dipecat

Kompas.com - 15/04/2021, 07:09 WIB
Kimberly Potter, petugas polisi yang menembak mati pria kutil hitam bernama Daunte Wright, dalam sebuah insiden lalu lintas di Brooklyn, Minnesota. [SS/Kare11/Youtube] SS/Kare11/YoutubeKimberly Potter, petugas polisi yang menembak mati pria kutil hitam bernama Daunte Wright, dalam sebuah insiden lalu lintas di Brooklyn, Minnesota. [SS/Kare11/Youtube]

BROOKLYN, KOMPAS.com - Polisi pelaku penembakan Daunte Wright, pria kulit hitam, telah mengundurkan diri, tapi belum disetujui oleh Wali Kota Brooklyn.

Kimberly Potter (48 tahun) mengajukan pengunduran diri dari kepolisian pada Selasa (13/4/2021), "demi kepentingan terbaik komunitias, departemen, dan sesama petugas saya".

Namun, Wali Kota Brooklyn Center, Mike Elliot mengatakan kepada "Good Morning America" dalam wawancara yang disiarkan pada Rabu (14/4/2021), bahwa pengunduran diri Potter belum disetujui.

Baca juga: Identitas Polisi Penembak Daunte Wright Terungkap Bernama Kimberly Potter

Pada Selasa malam waktu setempat, Elliot mengatakan bahwa dia mempertimbangkan pemecatan Potter dari pada menerima pengunduran dirinya, seperti yang dilansir dari New York Post pada Rabu (14/4/2021). 

Menurutnya, pemecatan adalah langkah yang dipilih oleh Dewan Kota Brooklyn Center dalam pemungutan suara pada Senin (12/4/2021), sebelum surat pengunduran diri Potter diserahkan.

"Kami masih mengerjakan proses kami sendiri, dan memastikan bahwa kami mengambil langkah-langkah yang diperlukan...menerima pengunduran diri," ujar Elliot dalam acara ABC.

"Bisa dikatakan tim saya sedang mengevaluasi keadaan terbaru, yang sangat kompleks," ucapnya.

Baca juga: Polisi yang Tembak Mati Daunte Wright Mengundurkan Diri, Kepala Kepolisian Juga Ikut Resign

Dewan Kota Brooklyn juga memilih untuk memecat atasan Potter, Tim Gannon, yang juga menyerahkan pengunduran diri pada Selasa (13/4/2021).

Keputusan Elliot atas pengunduran diri Potter diharapkan dapat keluar paling cepat pada Rabu (14/4/2021), terkait kemungkinan dakwaan atas kematian tersebut.

Pengacara Washington County Pete Orput mengatakan kepada WCCO-AM bahwa dia berencana membuat keputusan setelah menerima informasi tentang kasus tersebut dari penyelidik negara bagian.

Baca juga: Video Detik-detik Penembakan Daunte Wright: Polisi Salah Ambil Pistol, Korban Kabur lalu Tewas

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X