Pasien ICU Covid-19 di Brasil Kini Didominasi Usia 40 ke Bawah

Kompas.com - 12/04/2021, 18:48 WIB
Petugas medis menerima pasien Covid-19 di HRAN Hospital di Brasilia, Brasil, pada Rabu (3/3/2021). AP PHOTO/ERALDO PERESPetugas medis menerima pasien Covid-19 di HRAN Hospital di Brasilia, Brasil, pada Rabu (3/3/2021).

BRASILIA, KOMPAS.com - Jumlah pasien ICU Covid-19 di Brasil yang berusia di bawah 40 tahun, sekarang lebih banyak dibandingkan kelompok orang tua sejak Maret.

Hal tersebut disampaikan Dr Ederlon Rezende, koordinator proyek dari Asosiasi Pengobatan Intensif Brasil (AMIB), pada Minggu (11/4/2021).

Jumlah pasien berusia 39 tahun atau lebih muda di ICU virus corona pada Maret meningkat tajam menjadi lebih dari 11.000, atau 52,2 persen dari total.

Baca juga: Brasil Catat Lebih dari 4.000 Kematian dalam 24 Jam untuk Pertama Kalinya

Angka itu naik 14,6 persen dari total pasien ICU di awal pandemi, dan sekitar 45 persen dari September 2020-Februari 2021.

"Sebelumnya ini populasi yang biasanya hanya mengalami gejala tidak terlalu parah dan tidak perlu perawatan intensif."

"Jadi peningkatan untuk kelompok usia ini sangat signifikan," terang Dr Rezende dikutip dari AFP.

Dia mengatakan, berbagai faktor dapat mendorong peningkatan tersebut.

Baca juga: Brasil Catat Kasus Kematian Harian Covid-19 Tertinggi di Dunia, Berpotensi Makin Parah

Sementara itu jumlah pasien lansia di atas 80 tahun turun dari 13,6 persen menjadi 7,8 persen dari total ICU di Brasil pada Maret. Sebagian besar dari mereka juga sudah divaksinasi.

Dr Rezende melanjutkan, usia muda kini lebih berisiko terpapar virus corona karena harus keluar rumah untuk bekerja atau terlalu yakin tidak tertular.

Faktor lain bisa jadi varian baru virus corona asal Brasil yang dikenal sebagai P1.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X