Terjadi Kecelakaan di Fasilitas Nuklir Iran, Kedua Kalinya di Natanz sejak 2020

Kompas.com - 11/04/2021, 16:48 WIB
Foto yang dirilis situs web kepresidenan Iran pada 8 April 2008, menunjukkan Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengunjungi fasilitas nuklir Iran di Natanz, sekitar 300 km di selatan ibu kota Teheran. AFP PHOTOFoto yang dirilis situs web kepresidenan Iran pada 8 April 2008, menunjukkan Presiden Mahmoud Ahmadinejad mengunjungi fasilitas nuklir Iran di Natanz, sekitar 300 km di selatan ibu kota Teheran.

NATANZ, KOMPAS.com - Sebuah kecelakaan terjadi di fasilitas nuklir Iran pada Minggu (11/4/2021), tetapi tidak menimbulkan korban jiwa atau kerusakan.

Insiden itu dilaporkan oleh kantor berita Fars mengutip juru bicara badan nuklir Iran, Behrouz Kamalvandi.

Kamalvandi mengatakan, "Kecelakaan terjadi di bagian sirkuit listrik fasilitas pengayaan (uranium)" di kompleks Natanz.

Baca juga: Iran Mulai Tes Dingin Reaktor Nuklir Arak yang Dirancang Ulang

Kantor berita AFP mewartakan, kecelakaan terjadi sehari setelah Iran mengumumkan memulai sentrifugal pengayaan uranium canggih di situs tersebut.

Tindakan itu melanggar kesepakatan nuklir 2015 yang penerapannya bermasalah.

Kamalvandi melanjutkan, tidak ada korban atau polusi, dan menambahkan penyebab kecelakaan sedang diselidiki. Rincian lebih lanjut akan dirilis nanti.

Kecelakaan ini terjadi setelah ledakan di pabrik sentrifugal Natanz pada Juli tahun lalu.

Baca juga: Iran Tolak Pembicaraan Awal Kesepakatan Nuklir dengan AS dan UE

Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X