Brasil Bangun Patung Kristus Raksasa Baru, Lebih Tinggi dari Patung Rio de Janeiro

Kompas.com - 11/04/2021, 15:58 WIB
Pemandangan patung Kristus Pelindung yang sedang dibangun di Encantado, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, pada 9 April 2021. AFP PHOTO/SILVIO AVILAPemandangan patung Kristus Pelindung yang sedang dibangun di Encantado, negara bagian Rio Grande do Sul, Brasil, pada 9 April 2021.

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Patung Kristus raksasa baru yang sedang dibangun di Brasil selatan disebut akan menjulang lebih tinggi daripada patung ikonik Kristus Penebus yang menghadap ke Rio de Janeiro.

Kepala dan lengan yang terulur dari patung tersebut baru ditambahkan minggu ini pada patung, yang telah dibangun sejak 2019 di kota Encantado, di negara bagian Rio Grande do Sul.

Penyelesaian monumen dijadwalkan akhir tahun ini, menurut Association of the Friends of Christ, yang mengoordinasikan pekerjaan tersebut.

Baca juga: [Cerita Dunia] Sejarah Patung Liberty, Awalnya Dipasang di Terusan Suez

"Ini adalah hari perayaan atas pengabdian," kata Gilson Conzatti, seorang anggota dewan lokal dan putra Adroaldo Conzatti, politisi yang menyusun gagasan itu melansir AFP pada Sabtu (10/4/2021).

Conzatti yang lebih tua, yang merupakan Wali Kota, meninggal pada Maret karena komplikasi Covid-19.

Patung, yang diberi nama Christ the Protector, akan berdiri setinggi 43 meter (140 kaki), termasuk alasnya. Itu menjadikannya salah satu patung Kristus tertinggi di dunia dengan tangan terentang.

Dari ujung tangan kanan ke tangan kiri, panjangnya mencapai 36 meter. Patung ini akan dilengkapi dengan lift di dalamnya dan dek observasi di dekat puncak.

Baca juga: Patung Buddha Trump Laris Manis Dijual Online Bertajuk “Buat Perusahaan Anda Hebat Lagi”

Sebagai perbandingan, Christ the Redeemer, berukuran tinggi 38 meter termasuk alas. Sementara bentang tangannya sepanjang 28 meter dari kanan ke kiri.

Oktober tahun ini, patung tersebut akan memperingati 90 tahun peresmiannya.

Encantado, sebuah kota berpenduduk 22.000 jiwa, terletak 145 kilometer (90 mil) barat laut ibu kota negara bagian Porto Alegre.

Proyek ini dimaksudkan untuk menginspirasi keyakinan dan mendorong pariwisata ke daerah tersebut, kata promotornya.

Tim pematung ayah-anak, Genesio dan Markus Moura, mengawasi pekerjaan itu.

Baca juga: Viral Patung Emas Trump Muncul dengan Jas tapi Pakai Sandal Jepit

Anggaran proyek sebesar 350.000 dollar AS (Rp 5 miliar) sepenuhnya dibiayai melalui donasi, menurut Association of the Friends of Christ yang berbasis relawan.

Kelompok tersebut terus mengumpulkan dana. Situs webnya bahkan menampilkan undian mobil.


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X