Paus Fransiskus Puji Pangeran Philip sebagai Pengabdi Setia dalam Pernikahan dan Keluarga

Kompas.com - 10/04/2021, 19:34 WIB
Paus Fransiskus menyampaikan berkat Urbi et Orbi setelah merayakan Misa Paskah di Basilika Santo Petrus di The Vatican Sunday, 4 April 2021, selama pandemi Covid-19 virus corona. AP PHOTO/FILIPPO MONTEFORTEPaus Fransiskus menyampaikan berkat Urbi et Orbi setelah merayakan Misa Paskah di Basilika Santo Petrus di The Vatican Sunday, 4 April 2021, selama pandemi Covid-19 virus corona.

LONDON, KOMPAS.com - Paus Fransiskus pada Sabtu (10/4/2021) ikut memberikan pernghormatan kepada Pangeran Philip yang meninggal di usia 99 tahun pada Jumat (9/4/2021).

Paus mengenang Duke of Edinburgh sebagi seorang pria yang yang mengabdi "pada pernikahan dan keluarga".

Dalam pesannya kepada Kerajaan Inggris, paus yang berusia 84 tahun itu menyampaikan "belasungkawa yang tulus kepada Yang Mulia dan anggota Keluarga Kerajaan", seperti yang dilansir dari AFP pada Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: Berduka Atas Pangeran Philip, Warga Inggris Kirim Karangan Bunga dari Seluruh Negeri

Ia memuji mendiang suami Ratu Elizabeth II selama 73 tahun, atas "pengabdiannya dalam pernikahan dan keluarga, catatan layanan publiknya yang terhormat serta komitmennya terhadap pendidikan dan kemajuan generasi mendatang".

Paus Fransiskus mengakhiri pesannya dengan memohon "berkat Tuhan untuk memberikan penghiburan dan perdamaian" untuk ratu dan "semua yang berduka kehilangan (Pangeran Philip)".

Baca juga: Sosok Pangeran Philip untuk Putri Diana Saat Hadapi Masa Sulit Pernikahan dengan Pangeran Charles

Sementara itu, anak-anak Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip, telah berbagi kenangan dan kesan manis tentang ayahnya dalam program BBC yang disiarkan pada Jumat malam waktu setempat (9/4/2021).

Pangeran Charles mengatakan Pangeran Philip adalah "energi yang luar biasa dalam mendukung mamaku dengan cara yang luar biasa dan dalam waktu yang lama", seperti yang dilansir dari BBC pada Jumat (9/4/2021).

Baca juga: Ini Alasan Pangeran Philip Tidak Diberi Gelar Raja

"Apa yang telah dia lakukan merupakan pencapaian yang mencengangkan," imbuh Charles.

Putri Anne mengatakan Duke of Edinburgh itu "memperlakukan semua orang sebagai individu, dan memberi mereka rasa hormat yang dia rasa pantas sebagai individu".

Baca juga: Pangeran Charles Kenang Pangeran Philip Sosok Ayah Penuh Semangat Luar Biasa

Pemakaman Pangeran Philip berlangsung di Kapel St George, Windsor, yang disesuaikan dengan protokol pandemi virus corona, kata College of Arms dalam sebuah pernyataan.

Upacara kenegaraan tidak diadakan dalam prosesi pemakaman tersebut, tapi dilakukan penghormatan senjata di seluruh Inggris untuk menandai kematian Duke of Edinburgh.

Baca juga: Terungkap Wasiat Terakhir Pangeran Philip: Ingin Meninggal di Rumahnya

 


Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X