Pangeran Philip Meninggal, Para Pemimpin Dunia Ucapkan Dukacita

Kompas.com - 09/04/2021, 21:15 WIB
Pangeran Philip dari Inggris meninggalkan rumah sakit King Edward VII di belakang mobil di London, Selasa, 16 Maret 2021. AP PHOTO/ALASTAIR GRANTPangeran Philip dari Inggris meninggalkan rumah sakit King Edward VII di belakang mobil di London, Selasa, 16 Maret 2021.

LONDON, KOMPAS.com - Para pemimpin dunia mengirimkan ucapan dukacita kepada Keluarga Kerajaan Inggris setelah Istana Buckingham mengumumkan Pangeran Philip meninggal di usia 99 tahun pada Jumat (9/4/2021).

Duke of Edinburgh menemani Ratu Elizabeth II selama ratusan kunjungan ke luar negeri, sehingga membuatnya ikut dikenal dunia.

Segera setelah kabar meninggalnya beredar, para raja, kepala negara, dan perdana menteri dulu dan sekarang, segera memberikan salam penghormatan terkhir kepadanya, seperti yang dilansir dari BBC pada Jumat (9/4/2021). 

Baca juga: Pangeran Philip Berpulang, PM Inggris: Bangsa Berduka


Australia

"Dia mewujudkan generasi yang tidak akan pernah kita lihat lagi," kata PM Australia Scott Morrison dalam sebuah pernyataan.

Morrison mengatakan Duke of Edinburgh telah menjadi pendukung konstan Ratu dan telah memimpin puluhan organisasi di Australia.

Mantan PM Australia, Julia Gillard, mengatakan bahwa meski sang duke adalah "orang yang bertugas, dia menjalaninya dengan senang".

Swedia

Raja Carl Gustaf berkata bahwa Duke telah menjadi "teman baik keluarga kami selama bertahun-tahun, hubungan yang sangat kami hargai".

Juru bicara keluarga kerajaan Swedia Margareta Thorgren mengatakan kepada BBC bahwa raja dan Duke pernah berlayar bersama di Inggris.

"Itu adalah awal dari persahabatan yang hebat di antara mereka," ungkap Gustaf.

Baca juga: Pangeran Philip Meninggal, Ini Kronologi sejak Masuk Rumah Sakit

Belanda

Keluarga kerajaan mengatakan mereka mengingat Pangeran Philip dengan sangat hormat.

Halaman:

Sumber BBC
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X