Australia Akan Basmi Ribuan Kuda Liar dengan Menembaki dari Udara

Kompas.com - 09/04/2021, 17:55 WIB
Untuk memulihkan vegetasi yang menjadi sumber makanan kuda liar di taman Kosciuszko National Park Australia, pihak berwenang mengusulkan pembasmian hewan ini dengan cara ditembak dari udara. ABC NEWS/MATT ROBERTS via ABC INDONESIAUntuk memulihkan vegetasi yang menjadi sumber makanan kuda liar di taman Kosciuszko National Park Australia, pihak berwenang mengusulkan pembasmian hewan ini dengan cara ditembak dari udara.

CANBERRA, KOMPAS.com - Badan pengelola kawasan hutan dan taman negara bagian Victoria, Australia, menyarankan pembasmian kuda liar.

Saran ini dikeluarkan untuk melindungi vegetasi di wilayah pegunungan.

Pembasmian akan dilakukan dengan cara menembaki kuda liar dari udara, bila tidak mungkin dilakukan di daratan.

Baca juga: Dibuka Lowongan Jadi Petani Stroberi di Australia, Berhadiah Rp 1 Miliar

Lembaga bernama Parks Victoria itu telah mengumumkan rencana tersebut bulan lalu dan mendapat dukungan dari organisasi kesejahteraan hewan RSPCA.

Rencana ini mengesampingkan upaya pengendalian dengan cara mengumpulkan dan menambat kuda-kuda liar untuk selanjutnya dijinakkan. Metode seperti ini didukung oleh kalangan tuan tanah di dataran tinggi Victoria.

Ada usulan untuk membasmi kuda liar seperti ini dengan cara ditembaki dari udara.(Supplied: Russell Kilbey)RUSSELL KILBEY via ABC INDONESIA Ada usulan untuk membasmi kuda liar seperti ini dengan cara ditembaki dari udara.(Supplied: Russell Kilbey)
Parks Victoria juga berencana melakukan penangkapan sendiri serta akan mengizinkan tuan tanah untuk mengambil kuda liar jika mereka dapat menyediakan kandang yang cocok untuk hewan tersebut.

Beberapa pagar pembatas juga akan dibangun.

Semua rencana ini tertunda tahun lalu karena seorang peternak terkemuka di dataran tinggi Victoria bernama Philip Maguire menggugat ke Mahkamah Agung untuk menghentikan pemusnahan kuda liar.

Pengadilan telah menolak gugatan ini.

Populasi kuda liar meningkat pesat

Rencana baru untuk pengendalian kuda liar akan memetakan langkah Parks Victoria untuk dekade berikutnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X